Transformasi Kurikulum Pendidikan di Pondok Pesantren Darus Sholah Jember

Ahmad Fauzi Nurhidayat, - (2021) Transformasi Kurikulum Pendidikan di Pondok Pesantren Darus Sholah Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Ahmad Fauzi Nurhidayat_T20151070.pdf

Download (23MB)

Abstract

Ahmad Fauzi Nur Hidayat, 2021 “Transformasi Kurikulum Pendidikan di Pondok Pesantren Darus Sholah Jember” Kata kunci : aqidah, syariah, akhlak .Dalam proses transformasi kurikulum pendidikan di Pondok Pesantren Darus Sholah ini mengalami beberapa perubahan bentuk karakter tampa meninggalkan atau menghilagkan karakter aslinya yaitu betuk aslinya yaitu salafi, hal itu dilakukan untuk menunjang kemajuan Pondok Pesantren di dalam bidang pendidikan. Dari yang awal berbentuk salafi kemudian di rubah ke bentuk pengajian sorogan tanpa menghilangkan ciri khas yang sudah ada tersebut, kemudian dirubah menjadi kajian kitab kuning atau lebih dikenal dengan pondok pesantren modern yang di mana kegiatan pendidikannya di tambah pendidikan formal Fokus masalah yang di teliti dalam skripsi ini adalah: 1. Bagaimana trasformasi kurikulum pendidikan Aqidah di Pondok Pesantren Darus Sholah Jember?2.Bagaimana trasformasi kurikulum pendidikan Syari’ah di Pondok Pesantren Darus Sholah Jember?3.Bagaimana trasformasi kurikulum pendidikan Akhlak di Pondok Pesantren Darus Sholah Jember? Tujuan penelitian ini adalah: 1.Untuk mendeskripsikan transformasi kurikulum pendidikan Aqidah di Pondok Pesantren Darus Sholah Jember.2.Untuk mendeskripsikan transformasi kurikulum pendidikan Syari’ah di Pondok Pesantren Darus Sholah Jember.3.Untuk mendeskripsikan transformasi kurikulum pendidikan Akhlak di Pondok Pesantren Darus Sholah Jember Untuk mengidentifikasi masalah tersebut, peneliti mengunakan metode kualitatif dengan pendekatan kualitatif deksriptif, Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Peneliti memperoleh kesimpulan dari hasil penelitian bahwa:1.Transformasi kurikulum pendidikan mempunyai peran dan kegunaan yang sangat penting, karena transformasi kurikulum ini mengarahkan dalam semua kegiatan pendidikan yang dilakukan oleh suatu lembaga. Dalam hal ini Pondok Pesantren Darus Sholah melakukan pengembangan kurikulum di berbagai aspek kegiatan pembelajaran. Mulai dari pendidikan Ahlak, Syariat, dan Aqidah yang dilakukan untuk mensukseskan transformasi tersebut.2. syariah yang berarti ketetapan dari Allah bagi hamba- hambanya. Dan juga bisa diartikan dengan: jalan yang ditempuh oleh manusia atau jalan yang menuju ke air atau bisa juga berarti jelas. Mahmus syaltut dalam Al-islam aqidah wa syari’ah menyebutkan kata syariah berate jalan menuju sumber air yang tidak pernah kering. Kata syariah juga diartikan sebagai jalan yang terbentang lurus. Hal ini sangat relevan dengan fungsi syariah bagi kehidupan manusia, baik dalam hubunganya dengan tuhan mauapun dengan umat manusia.3akhlak adalah segala macam banyak siakp dan tingkah laku yang baik, akhlak ini dilahirkan oleh sifat-sifat yang mahmudah yang terpendam dalam jiwa manusia. Sedagkan akhlak terpuji artinya menghilangkan semua adat kebiasaan yang tercela yang sudah digariskan dalam dalam agama islam serta menjauhkan adat kebiasaan baik, melakukannya dan mencintainnya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 21 Apr 2022 07:57
Last Modified: 21 Apr 2022 07:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4172

Actions (login required)

View Item View Item