Implementasi Metode Scramble Pada Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Al-hidayah Mangli Jember Tahun Pelajaran 2024/2025

Trisintya, Marta Vina (2025) Implementasi Metode Scramble Pada Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Al-hidayah Mangli Jember Tahun Pelajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, Uin kiai haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
SKRISPI MARTA VINA T.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran Akidah Akhlak di kelas VII MTS Al-Hidayah Mangli Jember
pada awalnya menggunakan metode ceramah yang cenderung membuat peserta
didik kurang aktif dan suasana belajar menjadi bosan. Untuk mengatasi hal tersebut,
guru menerapkan metode scramble, yaitu sebuah teknik pembelajaran aktif yang
melibatkan peserta didik dalam kerja sama kelompok untuk menjawab soal secara
acak.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Perencanaan Metode Scramble
Pada Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah
Mangli Jember Tahun Pelajaran 2024/2025? 2) Bagaimana Pelaksanaan Metode
Scramble Pada Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Al-
Hidayah Mangli Jember Tahun Pelajaran 2024/2025? 3) Bagaimana Evaluasi
Metode Scramble Pada Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas VII Madrasah
Tsanawiyah Al-Hidayah Mangli Jember Tahun Pelajaran 2024/2025?
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Untuk mendeskripsikan
perencanaan metode Scramble pada pembelajaran Akidah Akhlak kelas VII
madrasah tsanawiyah al-hidayah mangle jember tahun pelajaran 2024/2025. 2)
Untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode Scramble pada pembelajaran Akidah
Akhlak kelas VII madrasah tsanawiyah al-hidayah mangli jember tahun pelajaran
2024/2024. 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi metode Scramble pada
pembelajaran Akidah Akhlak kelas VII Madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah Mangli
Jember Tahun Pelajaran 2024/2025.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Subjek penelitian menggunakan teknik purposive, meliputi informan kepada guru
Akidah Akhlak dan peserta didik kelas VII. Teknik pengumpulan data dilakukan
melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teori
Miles, Huberman, dan Saldana, sedangkan keabsahan data yang digunakan melalui
triangulasi sumber dan teknik.
Hasil yang didapatkan penelitian ini adalah: 1) Perencanaan pembelajaran
difokuskan pada peningkatan keterampilan berpikir siswa dengan menetapkan
tujuan yang jelas, materi terkait Iman kepada Malaikat dan Akhlak Tercela (Riya’
dan Nifak), serta media pembelajaran seperti papan tulis dan LKS. (2) Pelaksanaan
dilakukan melalui tahap pembukaan, penyampaian materi, pelibatan aktif peserta
didik dengan metode scramble, dan penutupan dengan refleksi. (3) Evaluasi
dilakukan melalui pengamatan sikappeserta didik, pertanyaan lisan, dan penilaian
terhadap pengisian LKPD. Metode scramble terbukti mampu meningkatkan
partisipasi dan minat belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Marta Vina Trisintya
Date Deposited: 02 Jun 2025 07:28
Last Modified: 02 Jun 2025 07:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41767

Actions (login required)

View Item View Item