Analisis Kesalahan Penyelesaian Soal Tipe AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) Materi Barisan dan Deret Berdasarkan Teori Newman Ditinjau Dari Jenis Kelamin Kelas X MAN 2 Jember

Sholeha, Aminatus (2025) Analisis Kesalahan Penyelesaian Soal Tipe AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) Materi Barisan dan Deret Berdasarkan Teori Newman Ditinjau Dari Jenis Kelamin Kelas X MAN 2 Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Aminatus Sholeha WM-1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Aminatus Sholeha, 2025: Analisis Kesalahan Penyelesaian Soal Tipe AKM
(Asesmen Komepetensi Minimum) Materi Barisan Dan Deret Berdasarkan Teori
Newman Ditinjau Dari Jenis Kelamin Kelas X MAN 2 Jember
Kata Kunci: Analisis Kesalahan, AKM, Teori Newman, Jenis Kelamin
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana
belajar dan proses pembelajaran agar siswa secara aktif mengembangkan potensi
dirinya. Berdasarkan wawancara dengan guru mata pelajaran matematika bahwa
siswa kelas X masih banyak melakukan kesalahan penyelesaian soal tipe AKM.
Analisis kesalahan pada penelitian ini adalah menganalisis macam-macam
kesalahan yang dilakukan oleh siswa berdasarkan Teori Newman dalam
menyelesaikan soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) materi barisan dan
deret yang ditinjau dari perbedaan jenis kelamin.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan kesalahan siswa
perempuan kelas X dalam menyelesaikan soal tipe AKM materi barisan dan deret
berdasarkan teori Newman, 2) Mendeskripsikan kesalahan siswa laki-laki kelas X
dalam menyelesaikan soal tipe AKM materi barisan dan deret berdasarkan teori
Newman.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan
pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data yaitu dengan tes dan
wawancara. Subyek pada penelitian ini terdiri dari 2 siswa perempuan dengan
jumlah kesalahan terbanyak berdasarkan Teori Newman dan 2 siswa laki-laki
dengan jumlah kesalahan terbanyak berdasarkan Teori Newman. Analisis pada
penelitian ini adalah kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik.
Pada penelitian ini memperoleh kesimpulan: Siswa perempuan dan siswa
laki-laki mengalami kesalahan yaitu siswa laki-laki dan perempuan tidak
menuliskan apa yang diketahui dengan yang ditanyakan, tidak mengetahui
penggunaan rumus yang seharusnya digunakan, tidak dapat menyelesaikan soal
dengan benar, dan tidak dapat menjawab soal dengan benar. Hal ini dikarenakan
siswa tidak dapat memahami masalah yang terdapat pada soal dan tidak
mengetahui rumus yang seharunya digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan, AKM, Teori Newman, Jenis Kelamin
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Aminatus Sholeha
Date Deposited: 02 Jun 2025 08:15
Last Modified: 02 Jun 2025 08:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41782

Actions (login required)

View Item View Item