Penanaman Akhlak Terhadap Lingkungan Melalui Program Adiwiyata Pada Siswa SMA Negeri 1 Mojokerto Tahun 2024/2025

Nadhiroh, Ifatun (2025) Penanaman Akhlak Terhadap Lingkungan Melalui Program Adiwiyata Pada Siswa SMA Negeri 1 Mojokerto Tahun 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Islam Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ifatun Nadhiroh_212101010007.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi peran manusia sebagai kholifah yang
bertugas merawat serta melestarikan lingkungan di bumi. Hal tersebut tidak
sejalan dengan adanya siswa yang tidak memiliki kesadaran terhadap lingkungan
yakni masih ditemuinya siswa yang membuang sampah tidak pada tempatnya
karena memiliki sifat melempar tanggung jawab terhadap sampah yang
dimilikinya. Pelaksanaan program adiwiyata ini merupakan alternatif dalam
penanaman akhlak terhadap lingkungan siswa.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan penanaman akhlak
terhadap lingkungan melalui program adiwiyata pada siswa SMA Negeri 1
Mojokerto tahun 2024/2025? 2) Bagaimana pelaksanaan penanaman akhlak
terhadap lingkungan melalui program adiwiyata pada siswa SMA Negeri 1
Mojokerto tahun 2024/2025? 3) Bagaimana evaluasi penanaman akhlak terhadap
lingkungan melalui program adiwiyata pada siswa SMA Negeri 1 Mojokerto
tahun 2024/2025?. Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanaan,
pelaksanaan, dan evaluasi penanaman akhlak terhadap lingkungan melalui
program adiwiyata pada siswa SMA Negeri 1 Mojokerto tahun 2024/2025.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian
lapangan. Subyek penelitian dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yakni observasi, wawancara, dan
dokumen. Analisis data dalam penelitian menggunakan teori Miles, Huberman
dan Saldana yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Keabsahan data yang digunakan melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini: 1) Perencanan penanaman
akhlak terhadap lingkungan melalui program adiwiyata terdiri dari menyusunan
dokumen seperti Identifikasi Potensi Masalah Lingkungan Hidup (IPMLH),
rencana tahunan, pengintegrasian Kurikulum Satuan Pendidikan (KSP),
merancang Rancangan Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS), dan modul ajar.
Perencanaan ini untuk menyampaikan nilai-nilai dan perilaku akhlak terhadap
lingkungan yang ditanamkan kepada siswa. 2) Pelaksanaan penanaman akhlak
terhadap lingkungan melalui program adiwiyata terwujud dalam Perilaku Ramah
Lingkungan Hidup (PRLH) yaitu, a. Kebersihan, fungsi sanitasi dan drinase. b.
Pengelolaan sampah. c. Penanaman dan pemeliharaan pohon atau tanaman. d.
Konservasi air. e. Konservasi energi. f. Inovasi terkait penerapan PRLH. g.
Membentuk jejaring kerja dan komunikasi. h. Publikasi dan kampanye. i.
Membentuk dan memberdayakan kader. Pelaksanan ini ialah bentuk praktik
secara nyata sebagai perwujudan akhlak terhadap lingkungan. 3) Evaluasi
penanaman akhlak terhadap lingkungan melalui program adiwiyata dilaksanakan
bersamaan dengan monitoring. Evaluasi dan monitoring ini untuk melakukan
umpan balik dan tolak ukur perubahan perilaku siswa. Sehingga pada pelaksanaan
penanaman akhlak terhadap lingkungan tidak berhenti dan terus berjalan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ifatun Nadhiroh
Date Deposited: 02 Jun 2025 08:22
Last Modified: 02 Jun 2025 08:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41788

Actions (login required)

View Item View Item