UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KETAHANAN MENTAL ANAK DARI KELUARGA BROKEN HOME DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 6 JEMBER

Iddina, Rosabila Irfa (2025) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KETAHANAN MENTAL ANAK DARI KELUARGA BROKEN HOME DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 6 JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
211101010002_ROSABILA IRFA IDDINA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Kata kunci : Upaya guru pendidikan agama Islam, Ketahanan Mental, keluarga broken home
Ketahanan mental merupakan aspek penting dalam menunjang keberhasilan siswa dalam menghadapi tantangan hidup, khususnya bagi mereka yang berasal dari keluarga broken home. Di SMP Negeri 6 Jember peserta didik yang berasal dari keluarga broken home menunjukkan gejala rendahnya ketahanan mental, seperti mudah tersinggung, menarik diri dari pergaulan, hingga menunjukkan perilaku menyimpang. Kondisi ini sebagian besar dipengaruhi oleh latar belakang keluarga yang tidak harmonis, seperti perceraian, konflik orang tua, atau kehilangan sosok figur ayah atau ibu. Dalam menghadapi kenyataan ini, guru PAI memiliki peran penting melalui pendekatan keagamaan, pemberian motivasi dan perhatian emosional. Di SMP Negeri 6 Jember terdapat program bimbingan yang khusus bagi siswa yang berasal dari keluarga broken home yang dilaksanakan oleh guru PAI. Oleh karena itu, guru PAI memiliki peran penting dalam pembentukan ketahanan mental.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana upaya guru pendidikan agama Islam sebagai informator dalam membentuk ketahanan mental anak dari keluarga broken home di SMP Negeri 6 Jember?, (2) Bagaimana upaya guru pendidikan agama Islam sebagai inspirator dalam membentuk ketahanan mental anak dari keluarga broken home di SMP Negeri 6 Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan Bagaimana upaya guru pendidikan agama Islam sebagai informator dalam membentuk ketahanan mental anak dari keluarga broken home di SMP Negeri 6 Jember, (2) Mendeskripsikan Bagaimana upaya guru pendidikan agama Islam sebagai inspirator dalam membentuk ketahanan mental anak dari keluarga broken home di SMP Negeri 6 Jember?
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan verifikasi
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa: 1). Peran guru PAI Sebagai informator dilakukan dengan menyampaikan nilai-nilai keagamaan dan moral melalui bimbingan pribadi yang membantu siswa broken home menghadapi tekanan psikologis secara islami, didukung oleh program pembiasaan S3 (Senyum, Salam, dan Sapa) yang memperkuat internalisasi nilai dalam kehidupan sehari-hari. 2) Peran guru PAI sebagai inspirator dilakukan dengan memberikan motivasi, empati, dan keteladanan melalui bimbingan pribadi yang menyentuh aspek emosional siswa, serta membiasakan shalat dhuhur dan dhuha berjamaah, pembacaan Asmaul Husna, dan khotmil Qur’an untuk memperkuat ketahanan mental dan spiritual siswa broken home.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ocha Rosabila Dina
Date Deposited: 02 Jun 2025 08:56
Last Modified: 02 Jun 2025 08:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41808

Actions (login required)

View Item View Item