Pengembangan media pembelajaran berbatuan sparkol vidioscribe pada materi zat aditif dan zat adiktif untuk siswa kelas VIII SMP Sunan Giri 1 Banyuwangi

Diah, Khoirunnisa (2021) Pengembangan media pembelajaran berbatuan sparkol vidioscribe pada materi zat aditif dan zat adiktif untuk siswa kelas VIII SMP Sunan Giri 1 Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN khas Jember.

[img] Text
Diah Khoirunnisa_T201710019.pdf

Download (9MB)
Official URL: http://www.diahthesis.com/2021

Abstract

Diah Khoirunnisa,2021: Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Sparkol Videoscribe Pada Materi Zat Aditif dan Zat Adiktif Untuk Siswa Kelas VIII SMP Sunan Giri 1 Banyuwangi.

Kata kunci :Media Pembelajaran, Zat Aditif, Zat Adiktif, Sparkol Videoscribe

Media pembelajaran merupakan sarana, langkah, metode yang dimanfaatkan sebagai sumber belajar, media berfungsi mempermudah dalam menyampaikan materi pembelajaran. Pembelajaran di sekolah merupakan bentuk interaksi yang membatu siswa dalam memahami materi pembelajaran, terlebih pembelajaran konseptual. Materi zat aditif dan zat Adiktif merupakan salah satu materi kelas VIII SMP/MTs. Berdasarkan masalah peneliti yang ditemukan di kelas VIII SMP Sunan Giri 1 Banyuwangi, yaitu materi zat aditif dan zat adiktif merupakan materi yang konseptual sehingga dalam pemahamannya siswa mengalami kesulitan, dalam penyampaian materi yang konseptual membutuhkan perantara media sebagai sarana interaksi solusi yang dapat ditawarkan adalah menghadirkan media pembelajaran yang relevan.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan validitas media pembelajaran berbantuan sparkol videoscribe pada materi zat aditif dan zat adiktif di kelas VIII di SMP Sunan Giri 1 Banyuwangi. (2) Mendeskripsikan respon siswa terhadap media pembelajaran berbantuan sparkol videoscribedi kelas VIII Sunan Giri1 Banyuwangi.
Jenis Penelitian yang dilakukan menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research dan development). Model pengembangan yang digunakan adalah 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Tahapan 4D dimodifikasi menjadi 4 tahap yaitu : 1) Define, 2) Design, 3) Develop, 4) Disseminate. Subjek penelitian variabel pada penelitian yaitu, ahli materi dan ahli media yang terdiri dari dosen dan guru IPA. Uji respon siswa dalam penelitian ini terbagi menjadi 2, yaitu 6 siswa dalam uji skala kecil dan 30 siswa dalam skala besar.
Berdasarkan hasil dari penelitian dan pengembangan dapat disimpulkan bahwa hasil rata-rata presentase uji validasi dari ahli materi 85% dan hasil validasi ahli media 97,3% dan hasil validasi oleh pengguna (guru) diperoleh hasil sebesar 96,7% dengan kategori sangat valid pada setiap presentase oleh validator. Hasil Uji respon siswa skala kecil adalah 93,3%, dan skala besar adalah 93% dengan kategori sangat valid sehingga berbatuan sparkol videoscribe ini dapat digunakan dalam penunjang pembelajaran tanpa revisi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Diah Khoir Diah Diah
Date Deposited: 02 Feb 2022 03:56
Last Modified: 02 Feb 2022 03:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4181

Actions (login required)

View Item View Item