Nur Fadillah, Ananda Putri (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BUKU SAKU BERBASIS MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 AJUNG TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Uin Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Ananda Putri Nur Fadillah _211101090018.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) |
Abstract
Bahan ajar adalah alat yang dapat membantu proses belajar mengajar sehingga makna pesan yang disampaikan menjadi lebih jelas. Pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Ajung masih menggunakan buku paket dan LKS yang besar dan kurang menarik, sehingga mengurangi minat belajar siswa. Untuk itu, diperlukan inovasi bahan ajar. Penelitian ini bertujuan mengembangkan buku saku berbasis mind mapping dengan kuis interaktif yang dapat diakses melalui handphone, diharapkan dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS tahun pelajaran 2024/2025.
Rumusan masalah pada penelitian ini (1) Bagaimana kevalidan bahan ajar buku saku berbasis Mind mapping pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Ajung tahun pelajaran 2024/2025? (2) Bagaimana kepraktisan bahan ajar berupa buku saku berbasis Mind mapping pada mata pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 1 Ajung Tahun Pelajaran 2024/2025? (3) Bagaimana keefektifan bahan ajar buku saku berbasis Mind mapping pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Ajung tahun pelajaran 2024/2025?. Adapun tujuan Penelitian Dan Pengembangan (1) Mengetahui kevalidan bahan ajar buku saku berbasis Mind mapping pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Ajung (2) Mengetahui kepraktisan bahan ajar buku saku berbasis Mind mapping pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Ajung (3) Mengetahui keefektivan bahan ajar buku saku berbasis Mind mapping pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Ajung.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Reseach dan Develompment). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model ADDIE, yaitu Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi) dan Evaluation (evaluasi). Validasi buku saku berbasis Mind mapping ini dilakukan oleh ahli materi, ahli media, ahli bahasa. Analisis kepraktisan dengan menyebar angket respon guru dan peserta didik. Analisis keefektifan dengan menggunakan nilai pre-test dan post-test.
Penelitian ini mengembangkan buku saku berbasi Mind mapping pada materi konflik dan integrasi. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa produk ini sangat valid dengan nilai rata-rata 88% (ahli materi), 95% (ahli media), dan 92% (ahli bahasa). Hasil kepraktisan dari uji respon guru, peserta didik skala kecil, dan peserta didik skala besar terhadap bahan ajar buku saku berbasis Mind mapping menunjukkan perolehan presentase uji respon guru sebesar 91% dengan kriteria “sangat praktis”. Perolehan presentase uji respon peserta didik skala kecil sebesar 81% dengan kriteria “sangat praktis”, dan perolehan presentase uji respon peserta didik skala besar sebesar 90% dengan kriteria “sangat praktis”. Uji efektivitas berdasarkan Perbandingan pre-test dan post-test dengan perhitungan N-Gain memperoleh rata-rata 0,71, yang termasuk dalam kategori "Efektif".
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Ananda Ananda Putri |
Date Deposited: | 03 Jun 2025 02:53 |
Last Modified: | 03 Jun 2025 02:53 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41812 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |