Nur Sarifidin, Nabilah Ainiyyah (2025) Pengaruh Penggunaan E-LKPD Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII di SMP Plus Darus Sholah Tahun Pelajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
NABILAH AINIYYAH NUR SARIFUDIN _212101090036.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Kata Kunci : E-LKPD Interaktif, Hasil Belajar, SMP Plus Darus Sholah
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan E-LKPD interaktif berbasis Wizer Me terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS di Sekolah Menengah Pertama Plus Darus Sholah Tahun Pelajaran
2024/2025. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar yang disebabkan oleh kurangnya ketertarikan siswa terhadap pembelajaran IPS dengan
pendekatan konvensional. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial masih didominasi oleh pendekatan yang berpusat pada guru, di mana siswa cenderung pasif dan hanya menerima informasi. Media yang digunakan adalah Lembar Kerja
Peserta Didik cetak sebagai sarana latihan yang membatasi peserta didik untuk berinovasi, mandiri, dan kreatif selama proses pembelajaran. Oleh karena itu, penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) interaktif
diharapkan mampu meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa. Salah satu solusi yang ditawarkan adalah penerapan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) interaktif berbasis Wizer Me, yang memungkinkan siswa untuk
berpartisipasi secara aktif melalui perangkat digital, dengan harapan dapat meningkatkan hasil belajar mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain One-Group Pretest-Posttest, di mana satu kelompok
siswa diberikan perlakuan berupa penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) interaktif, kemudian hasil belajar mereka diukur melalui tes sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) perlakuan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis pre experimental. Desain penelitian menggunakan one grup pretest posttest. Teknik penggumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Uji instrument penelitian menggunakan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Setelah itu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas, dan dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan paired sample T-test. Hasil analisis data menggunakan Paired sample T-test menghasilkan nilai signifikansi 0,000 yang mana nilai tersebut < 0,05, yang berarti terdapat pengaruh signifikan penggunaan E-LKPD interaktif terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Dengan demikian, hipotesis alternatif (Hₐ) diterima, sedangkan hipotesis nol (H₀ ) ditolak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Ms Nabilah Ainiyyah Nur Sarifudin |
Date Deposited: | 03 Jun 2025 01:26 |
Last Modified: | 03 Jun 2025 01:26 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41828 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |