PENERAPAN METODE BERCERITA DALAM MENINGKATKAN BAHASA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA DA’WATUL KHOIROT SIDOTOPO SURABAYA TAHUN AJARAN 2024/2025

Azizah, Syarofatul (2025) PENERAPAN METODE BERCERITA DALAM MENINGKATKAN BAHASA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA DA’WATUL KHOIROT SIDOTOPO SURABAYA TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Syarofatul Azizah 214101050007.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Kata Kunci : Penerapan Metode Bercerita, Meningkatkan Bahasa Anak
Bercerita adalah suatu kegiatan yang dilakukan seseorang secara lisan kepada orang lain dengan alat atau tanpa alat tentang apa yang harus disampaikan dalam bentuk pesan, informasi, atau hanya sebuah dongeng yang didengarkan dengan rasa menyenangkan. Berdasarkan hasil pra penelitian diperoleh informasi bahwa RA Da’watul Khoirot masih ada beberapa anak yang kurang dalam berbahasa indonesia dengan baik, dikarenakan mayoritas warga disana menggunakan bahasa madura untuk berkomunikasi sehari-hari. Hal ini sejalan dengan observasi awal yang dilakukan oleh peneliti pada saat mengamati anak dalam berkomunikasi dengan teman dan orang tua
Perkembanan bahasa adalah salah satu dari banyak bidang perkembangan yang perlu untuk ditangani di masa kanak-kanak. Bahasa sebagai sistem pengucapan, gagasan, dan emosi yang tersistematis dan teratur yang digunakan untukberbicara, mendengarkan, membaca, dan menulis untuk berkomunikasi dengan orang lain.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : Bagaimana penggunaan metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan bahasa pada anak usia 4-5 tahun di RA Da’watul Khoirot Sidotopo Surabaya tahun ajaran 2024-2025 ?.
Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah : Untuk mendeskripsikan penggunaan metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak usia 4-5 tahun di RA Da’watul Khoirot Sidotopo Surabaya tahun ajaran 2024-2025.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan (fieled research). Penentuan subjek penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data mengunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dengan triangulasi teknik serta analisis data menggunakan kondensasi, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini yaitu. Penerapan metode bercerita di RA Da’watul Khoirot sendiri bisa menjadi pendekatan yang efektif dan menyenangkan dalam meningkatkan kemampuan bahasa anak secera menyeluruh. Hasil temuan sebelum dan sesudah menggunakan metode bercerita kepada anak terlihat adanya peningkatan yang siqnifikan. Adapun indikator menurut Hurlock yang diterapkan oleh guru di RA Da’watul Khoirot yaitu: 1. Membaca buku cerita. 2. Bercerita menggunakan gambar ilustrasi yang ada pada buku. 3. Membacakan dongeng.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Syarofatul Azizah
Date Deposited: 03 Jun 2025 01:34
Last Modified: 03 Jun 2025 01:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41839

Actions (login required)

View Item View Item