Kepemimpinan Perempuan Dalam Penerapan Program Multiple Intelligence di Raudhatul Atfhal Ulul Albab Mangli Jember

Halimatul Fatihah, Siti Nur (2025) Kepemimpinan Perempuan Dalam Penerapan Program Multiple Intelligence di Raudhatul Atfhal Ulul Albab Mangli Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Nur Halimatul Fatihah 211101030055.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Siti Nur Halimatul Fatihah, 2025: Kepemimpinan Perempuan dalam Penerapan
Program Multiple Intelligence di Raudhatul Atfhal Ulul Albab Mangli Jember.
Kata Kunci: Kepemimpinan Perempuan, Multiple Intelligence, RA Ulul Albab.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini
(PAUD) dalam membentuk kecerdasan dan karakter anak, dengan teori Multiple
Intelligence (MI) sebagai pendekatan holistik yang mengakomodasi beragam
potensi. Implementasi MI yang optimal membutuhkan kepemimpinan visioner,
seperti yang ditunjukkan oleh kepemimpinan perempuan di RA Ulul Albab Mangli
Jember—satu-satunya lembaga di Kabupaten Jember yang menerapkan MI secara
komprehensif. Didukung oleh kebijakan nasional dan nilai religius yang
mendukung kepemimpinan perempuan, konteks ini menunjukkan kekhasan
tersendiri. Namun, kajian mengenai keterkaitan antara kepemimpinan perempuan
dan mentorship dalam penerapan MI masih terbatas. Oleh karena itu, penelitian ini
bertujuan mengisi celah tersebut dengan mengkaji peran kepemimpinan perempuan
dan mentorship dalam implementasi MI di RA Ulul Albab..
Fokus penelitian ini meliputi (1) Bagaimana pengembangan keterampilan
kepemimpinan perempuan dalam penerapan Program Multiple Intelligence di RA
Ulul Albab Mangli Jember?, dan (2) Bagaimana peran mentorship kepemimpinan
perempuan dalam penerapan Program Multiple Intelligence di RA Ulul Albab
Mangli Jember?.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan pengembangan
keterampilan kepemimpinan perempuan dalam penerapan Program Multiple
Intelligence di RA Ulul Albab Mangli Jember, dan (2) Untuk mendeskripsikan
peran mentorship kepemimpinan perempuan dalam penerapan Program Multiple
Intelligence di RA Ulul Albab Mangli Jember.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis studi
kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Keabsahan data diuji melalui trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Teknik
analisis menggunakan analisis Interaktif Miles dan Huberman yang diperoleh
dengan cara kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pengembangan keterampilan
kepemimpinan perempuan dalam penerapan program Multiple Intelligence di RA
Ulul Albab Mangli Jember tercermin dalam kemampuan manajerial, pengambilan
keputusan partisipatif, komunikasi empatik, motivasi kerja, serta kepemimpinan
inklusif yang memperkuat kolaborasi dan efektivitas program. 2) Peran mentorship
kepala sekolah perempuan berkontribusi signifikan terhadap keberhasilan
implementasi program melalui pembinaan berkelanjutan, dukungan profesional,
transfer pengetahuan, pemberdayaan guru, serta evaluasi dengan umpan balik
konstruktif, yang secara langsung meningkatkan kualitas pembelajaran dan
pengembangan kapasitas guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Nur H Siti Nur Halimatul Fatihah
Date Deposited: 03 Jun 2025 02:28
Last Modified: 03 Jun 2025 02:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41848

Actions (login required)

View Item View Item