Achtiar, Rina (2025) Model Pembinaan Siswa Berperilaku Agresif di SMP Negeri 1 Kota Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
SKRIPSI - RINA ACHTIAR fix watermax.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
Kata kunci: model pembinaan, perilaku agresif
Remaja mengalami masa transisi yang rentan memicu krisis identitas dan perilaku agresif. Kasus kenakalan remaja terus meningkat, termasuk di Probolinggo. Perilaku agaresif adalah tindakan negatif yang bertujuan untuk menyakiti orang lain. Penanganannya perlu melibatkan orang tua, guru BK, dan
pesantren. Dibutuhkan model pembinaan yang tepat di sekolah agar remaja tumbuh menjadi pribadi bermoral dan bertanggung jawab. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Apa saja bentuk-bentuk perilaku agresif di SMP Negeri 1Kota Probolinggo? 2) Apa saja faktor-faktor penyebab munculnya perilaku agresif pada siswa di SMP Negeri 1 Kota
Probolinggo? 3) Bagaimana model pembinaan siswa berperilaku agresif di SMP Negeri 1 Kota Probolinggo?.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan apa saja bentuk-bentuk perilaku agresif di SMP Negeri 1 Kota Probolinggo. 2) Untuk mendeskripsikan apa saja faktor-faktor penyebab munculnya perilaku agresif pada siswa di SMP Negeri 1 Kota Probolinggo. 3) Untuk mendeskripsikan model
pembinaan siswa berperilaku agresif di SMP Negeri 1 Kota Probolinggo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Model analisis data menggunakan model Miles Huberman dimana terdapat tiga teknik yaitu: reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan kredibilitas yaitu: triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini adalah 1) bentuk-bentuk perilaku agresif di SMPN 1 Kota Probolinggo meliputi: agresi fisik (pemukulan, dorongan, perkelahian), agresi verbal (penghinaan, pembangkangan, kata-kata kasar), agresi marah
(meluapkan emosi negatif dengan kata-kata kasar), dan permusuhan (perasaan negatif terhadap orang lain). 2) Faktor-faktor penyebab perilaku agresif siswa adalah faktor utama keluarga, faktor pergaulan dan lingkungan. 3) Model
pembinaan yang diterapkan di SMP Negeri 1 Kota Probolinggo melibatkan konseling individu dan kelompok, kemudian pemanggilan orang tua serta pengiriman siswa ke pondok pesantren jika diperlukan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170106 Health, Clinical and Counselling Psychology 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1799 Other Psychology and Cognitive Sciences > 179999 Psychology and Cognitive Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam |
Depositing User: | me Rina Achtiar |
Date Deposited: | 03 Jun 2025 06:05 |
Last Modified: | 03 Jun 2025 06:05 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41861 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |