Aini, Alfi Salsabila Qurrotal (2025) STRATEGI INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA MELALUI EKSTRAKURIKULER DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI BALUNG JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
211101010018 Alfi Salsabila Q.A.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
Kata Kunci: Internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam; Karakter Siswa; Ektrakulikuler; Sekolah Menengah Atas Negeri Balung Jember.
Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam merupakan standar dasar umat Islam, namun sering terlupakan dalam penerapannya. Nilai utama seperti Iman, Islam, dan Ihsan menjadi pilar kehidupan Muslim. Internalisasi nilai-nilai tersebut dapat dilakukan melalui pembinaan, penyuluhan, komunikasi dua arah, dan strategi yang mendukung proses pembelajaran agama.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) bagaimana strategi keteladanan internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter siswa melalui ekstrakurikuler di SMAN Balung Jember. 2) bagaimana strategi pembiasaan internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter siswa melalui ekstrakurikuler di SMAN Balung Jember. 3) bagaimana strategi kedisiplinan internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter siswa melalui ekstrakurikuler di SMAN Balung Jember.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan strategi keteladanan internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter siswa melalui ekstrakurikuler di SMAN Balung Jember. 2) mendeskripsikan strategi pembiasaan internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter siswa melalui ekstrakurikuler di SMAN Balung Jember. 3) mendeskripsikan strategi kedisiplinan internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter siswa melalui ekstrakurikuler di SMAN Balung Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif Karena penelitian ini melakukan penelitian dengan cara mendeskripsikan. teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi wawancara dan dokumentasi. kemudian analisis data menggunakan dua tahap yakni analisis sebelum pengumpulan data dan yang kedua analisis setelah pengumpulan data.
Hasil temuaan ini adalah 1) Strategi keteladanan internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter siswa melalui ekstrakurikuler di SMAN Balung Jember di mana siswa meneladani sikap dan perilaku guru serta staf sebagai contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari. 2) Strategi pembiasaan internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter siswa melalui ekstrakurikuler di SMAN Balung Jember yang membentuk karakter Islami melalui perubahan perilaku positif, peningkatan pemahaman agama, kebiasaan ibadah, serta kesadaran sosial dan moral. 3) Strategi kedisiplinan internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter siswa melalui ekstrakurikuler di SMAN Balung Jember yang membentuk karakter disiplin siswa melalui aturan dan pemberian sanksi bagi yang melanggar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | bela alfi salsabila |
Date Deposited: | 03 Jun 2025 04:08 |
Last Modified: | 03 Jun 2025 04:08 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41871 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |