Penerapan Green School dalam Meningkatkan Kepedulian Siswa Terhadap Lingkungan di MTs Al-Amien Ambulu

Faizah, Misvaqotul (2025) Penerapan Green School dalam Meningkatkan Kepedulian Siswa Terhadap Lingkungan di MTs Al-Amien Ambulu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Ahcmad Siddiq Jember.

[img] Text
Misvaqotul Faizah_211101100023.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Misvaqotul Faizah, 2025: Penerapan Green School dalam Meningkatkan Kepedulian Siswa Terhadap Lingkungan di MTs Al-Amien Ambulu.
Kata Kunci: Green School, Kepedulian Lingkungan, MTs Al-Amien Ambulu

Peningkatan krisis lingkungan menunjukkan perlunya tindakan nyata, terutama dari generasi muda. Sekolah memiliki peran strategis dalam membentuk kesadaran dan tanggung jawab lingkungan di kalangan siswa. Program Green School di MTs Al-Amien Ambulu menanamkan nilai pelestarian lingkungan melalui kegiatan kebersihan, pengelolaan sampah, dan penghijauan. Setelah penerapannya, siswa menunjukkan peningkatan partisipasi dan kesadaran lingkungan, baik di sekolah maupun di rumah. Program ini tidak hanya sebagai sarana edukasi, tetapi juga sebagai gerakan nyata dalam menumbuhkan kepedulian ekologis di kalangan siswa.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan program Green School di MTs Al-Amien Ambulu?; 2) Bagaimana bentuk kepedulian siswa terhadap lingkungan setelah diterapkannya program Green School di MTs Al-Amien Ambulu?; 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program Green School di MTs Al-Amien Ambulu?. Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan penerapan program Green School di MTs Al-Amien Ambulu; 2) Untuk menggambarkan kepedulian siswa terhadap lingkungan setelah penerapan program Green School di MTs Al-Amien Ambulu; 3) Untuk mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program Green School di MTs Al-Amien Ambulu.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang dilaksanakan di MTs Al-Amien Sabrang Ambulu, Jember. Subjek penelitian meliputi kepala madrasah, guru, staf TU, dan siswa. Teknik pengumpulan data terdiri dari wawancara mendalam, observasi partisipatif, dokumentasi, serta penyebaran angket sebagai data pendukung untuk menggambarkan kepedulian siswa terhadap lingkungan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model interaktif dari Miles, Huberman, dan Saldaña yang meliputi tiga tahapan: kondensasi data, penyajian data, serta penarikan dan verifikasi kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini diuji melalui triangulasi sumber dan teknik untuk memastikan validitas dan kredibilitas temuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) rogram Green School di MTs Al-Amien Ambulu diterapkan melalui kebijakan berbasis lingkungan, integrasi kurikulum, dan kegiatan partisipatif warga madrasah. 2) Program ini berhasil membentuk karakter siswa yang peduli terhadap lingkungan, ditandai dengan tumbuhnya sikap tanggung jawab, disiplin, peduli, kerja sama, dan kreatif. 3) Faktor pendukung pelaksanaan program meliputi sarana prasarana yang memadai, keterlibatan seluruh warga sekolah, dan kerja sama dengan instansi luar. Adapun hambatannya adalah kurangnya tenaga pendamping dan belum optimalnya pemanfaatan fasilitas lingkungan seperti greenhouse. Secara keseluruhan, Green School menjadi strategi efektif dalam menanamkan nilai kepedulian lingkungan kepada siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0602 Ecology > 060299 Ecology not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Misvaqotul Faizah
Date Deposited: 03 Jun 2025 04:45
Last Modified: 03 Jun 2025 04:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41875

Actions (login required)

View Item View Item