Arya Pratama, Nanang (2025) NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI PADA SISWA KELAS XIIC DI SEKOLAH MENENGAH ATAS DIPONEGORO PANTI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
SKRIPSI NANANG ARYA.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (11MB) |
Abstract
Nanang Arya Pratama, 2025: Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Pada Siswa Kelas XIIC Di Sekolah Menengah Atas Diponegoro Panti Jember Tahun Pelajaran 2024/2025.
Kata Kunci : Penanaman Nilai-Nilai Moderasi Beragama, Sekolah Menengah Atas Diponegoro Panti Jember.
Indonesia merupakan negara yang beragam yang mana terdapat beberapa macam suku, ras, etnik maupun agama. Tentunya dengan adanya beberapa macam keberagaman tidak menuntut kemungkinan dengan adanya perbedaan terdapat perselisihan. Nilai toleransi dan nilai anti kekerasan berguna untuk saling menghargai dan mencegah kekerasan sesama pelajar atau saling mencaci kepada teman maka disetiap Sekolah/Madrasah Perlu Menanamkan Nilai Moderasi Beragama pada siswa baik itu SMP/SMA agar menghindari hal tersebut.
Fokus Penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penanaman nilai toleransi melalui kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada siswa Kelas XIIC SMA Diponegoro Panti Jember Tahun Ajaran 2024/2025?. (2) Bagaimana penanaman nilai anti kekerasan melalui kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada siswa Kelas XIIC SMA Diponegoro Panti Jember Tahun Ajaran 2024/2025?. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan penanaman nilai toleransi melalui kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada siswa Kelas XIIC SMA Diponegoro Panti Jember Tahun Ajaran 2024/2025. (2) Mendeskripsikan penanaman nilai Anti Kekerasan melalui kegiatan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada siswa Kelas XIIC SMA Diponegoro Panti Jember Tahun Ajaran 2024/2025.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dalam teknik pengumpulan data yang digunakan yakni obsevasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sementara itu, dalam keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yakni triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini adalah: (1) Penanaman nilai toleransi melalui kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada siswa kelas XIIC SMA Diponegoro Panti Jember, Guru menyelipkan nilai toleransi semua pelajaran serta memotivasi siswa untuk memiliki karakter baik. Guru mengajarkan moderasi beragama melalui diskusi dan contoh kasus, serta mendorong interaksi antara siswa dengan siswa sekolah lainnya dengan latar belakang keyakinan berbeda. Guru juga memberikan pemahaman tentang moderasi dan memberi penugasan setelah siswa memahaminya. (2) Penanaman Nilai Anti Kekerasan Melalui Kegiatan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Pada Siswa Kelas XIIC SMA Diponegoro Panti Jember, Guru menggunakan metode pembelajaran interaktif untuk meningkatkan kesadaran siswa tentang anti kekerasan melalui sosialisasi. Mereka menanamkan nilai anti kekerasan dengan kerja sama orang tua dan melakukan kegiatan bersama, serta mendiskusikan masalah di masyarakat
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nanang Arya Pratama |
Date Deposited: | 03 Jun 2025 06:38 |
Last Modified: | 03 Jun 2025 06:38 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41894 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |