HUBUNGAN PERSEPSI PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN DENGAN PERILAKU RAMAH LINGKUNGAN (ECO-FRIENDLY BEHAVIOR) MAHASISWA PROGRAM STUDI TADRIS BIOLOGI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER

Najib, Muhammad (2025) HUBUNGAN PERSEPSI PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN DENGAN PERILAKU RAMAH LINGKUNGAN (ECO-FRIENDLY BEHAVIOR) MAHASISWA PROGRAM STUDI TADRIS BIOLOGI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Muhammad Najib 214101080022 digilib.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pembelajaran berbasis lingkungan dalam membentuk kesadaran dan perilaku ramah lingkungan mahasiswa, terutama di Program Studi Tadris Biologi Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Meskipun Mata Kuliah Pengetahuan Lingkungan dan Pendidikan Lingkungan Hidup telah diberikan, masih banyak ditemukan perilaku beberapa mahasiswa yang tidak mendukung keberlanjutan lingkungan, seperti penggunaan plastik sekali pakai dan pembuangan sampah sembarangan. Dengan demikian diperlukannya sebuah penelitian untuk mengetahui bagaimana hubungan persepsi pembelajaran berbasis lingkungan dengan perilaku ramah lingkungan (eco-friendly behavior) mahasiswa Program Studi Tadris Biologi Universitas Islam Negeri Kiai haji Achmad Siddiq Jember.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran berbasis lingkungan, mengetahui perilaku ramah lingkungan mahasiswa, serta menganalisis hubungan antara keduanya.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis asosiatif simetris. Populasi terdiri dari 176 mahasiswa tahun ketiga dan keempat yang telah menyelesaikan mata kuliah Pengetahuan Lingkungan dan Pendidikan Lingkungan Hidup. Sampel sebanyak 123 mahasiswa dipilih secara acak menggunakan rumus Slovin dengan presisi 0,5. Instrumen berupa angket skala Likert empat pilihan yang divalidasi oleh ahli yakni Bapak Bayu Sandika, M.Si, diuji validitasnya dengan Pearson Bivariat, dan reliabilitasnya dengan rumus Cronbach's Alpha.
Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Uji normalitas dilakukan dengan Kolmogorov-Smirnov, dengan nilai 0,182 untuk persepsi pembelajaran berbasis lingkungan dan 0,200 untuk perilaku ramah lingkungan. Uji linearitas menggunakan ANOVA pada regresi linear, sedangkan uji hipotesis menggunakan korelasi Pearson dengan bantuan IBM SPSS versi 26. Hasil analisis menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki persepsi pembelajaran berbasis lingkungan ada pada kategori sedang (46–68) dan rendah (23–45) dan perilaku ramah lingkungan mereka berada pada kategori sedang (60–89) dan rendah (30–59). Uji korelasi Pearson menunjukkan adanya hubungan positif antara persepsi pembelajaran berbasis lingkungan dengan perilaku ramah lingkungan mahasiswa dengan nilai korelasi sebesar 0,897.
Pembelajaran berbasis lingkungan terbukti memiliki peran signifikan dalam meningkatkan perilaku ramah lingkungan mahasiswa. Berdasarkan temuan tersebut, penelitian ini merekomendasikan pengembangan metode pembelajaran yang lebih inovatif serta penguatan program kampus hijau.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Pembelajaran Berbasis Lingkungan, Perilaku Ramah Lingkungan, Mahasiswa Tadris Biologi
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0602 Ecology > 060201 Behavioural Ecology
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0602 Ecology > 060299 Ecology not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Muhammad Najib
Date Deposited: 03 Jun 2025 06:41
Last Modified: 03 Jun 2025 06:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41895

Actions (login required)

View Item View Item