Representasi Budaya Pesantren dan Nilai-Nilai Islam Dalam Film Hati Suhita Karya Khilma Anis Serta Relevansi Terhadap Materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas VIII

Syifaurrohmah, Syifaurrohmah (2025) Representasi Budaya Pesantren dan Nilai-Nilai Islam Dalam Film Hati Suhita Karya Khilma Anis Serta Relevansi Terhadap Materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas VIII. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI SYIFAURROHMAH 211101010070.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (11MB)

Abstract

Pesantren memiliki peran penting dalam membentuk generasi yang berkarakter dan nilai-nilai Islam berperan dalam membentuk karakter religius generasi muda. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk memperkenalkan budaya pesantren dan mengajarkan nilai-nilai Islam ialah melalui media massa berupa film. Salah satu film yang dapat dimanfaatkan sebagai media dalam menyampaikan budaya pesantren dan nilai-nilai Islam adalah film Hati Suhita karya Khilma Anis.
Fokus penelitian ini adalah: 1) bagaimana representasi wujud budaya pesantren dalam film Hati Suhita karya Khilma Anis, 2) bagaimana nilai-nilai Islam dalam film Hati Suhita karya Khilma Anis, 3) bagaimana relevansi representasi wujud budaya pesantren dan nilai-nilai Islam terhadap materi pendidikan agama Islam dan budi pekerti SMP kelas VIII.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) menganalisis dan mendeskripsikan representasi wujud budaya pesantren dalam film Hati Suhita karya Khilma Anis, 2) menganalisis dan mendeskripsikan nilai-nilai Islam dalam film Hati Suhita karya Khilma Anis, 3) mengetahui relevansi representasi wujud budaya pesantren dan nilai-nilai Islam terhadap materi pendidikan agama Islam dan budi pekerti SMP kelas VIII.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi pustaka (library research), pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode analisis isi dengan teori semiotika Roland Barthes, dan keabsahan data menggunakan triangulasi investigator.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Representasi budaya pesantren dalam film Hati Suhita antara lain, takzim, khidmah, perjodohan, hadrahan, setoran hafalan, ro’an, ziarah, kitab, dan masjid. 2) Nilai-nilai Islam antara lain, mengucapkan kalimat syahadat, membaca dan menghafal Alqur’an, membaca sholawat, meneladani sifat wajib nabi dan rasul, ikhlas, sabar, ikhtiar, sholat, sholat berjamaah, menuntut ilmu, pernikahan, dzikir, berinisiatif, disiplin, jujur, menghormati orang tua, patuh, berbakti kepada suami, dan akhlak kepada alam. 3) relevansi budaya pesantren dan nilai-nilai Islam dalam film Hati Suhita dengan materi pendidikan agama Islam dan budi pekerti SMP kelas VIII pada bab berikut: bab 1 melestarikan alam, menjaga kehidupan. , bab 2 menjadi generasi pecinta al-qur’an yang toleran, bab 3 menjadi pribadi berintegritas dengan sifat amanah dan jujur, bab 6 indahnya beragama secara moderat, dan bab 7 menjadi generasi digital yang berkarakter.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1902 Film, Television and Digital Media > 190299 Film, Television and Digital Media not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syifaurrohmah Syifaurrohmah
Date Deposited: 16 Jun 2025 07:55
Last Modified: 16 Jun 2025 07:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41900

Actions (login required)

View Item View Item