Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Sistem Surya Seru (SIYARU) Berbasis Website untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Tata Surya Kelas VII di SMP Negeri 1 Ambulu

Laily, Zizatul (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Sistem Surya Seru (SIYARU) Berbasis Website untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Tata Surya Kelas VII di SMP Negeri 1 Ambulu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Ahcmad Siddiq Jember.

[img] Text
ZIZATUL LAILY_211101100015_FTIK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Kata Kunci : Hasil Belajar, Media Pembelajaran Interaktif, Sistem Tata Surya,
Website.
Perkembangan teknologi informasi memberikan peluang besar dalam dunia pendidikan, khususnya dalam pemanfaatan media pembelajaran yang inovatif guna mendukung mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Salah satu tantangan dalam pembelajaran IPA adalah karakteristik materinya yang bersifat abstrak dan konseptual, seperti pada materi sistem tata surya, sehingga media pembelajaran yang digunakan harus sesuai dengan kebutuhan pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran. Namun kendala yang ditemukan saat pembelajaran yaitu peserta didik cenderung pasif, kurang antusias, dan kesulitan dalam memahami materi sistem tata surya sehingga mempengaruhi hasil belajar yang diperoleh. Karateristik peserta didik dalam pembelajaran turut menjadi
pertimbangan dalam memilih bentuk media yang tepat. Hal tersebut menunjukkan bahwa peserta didik membutuhkan media pembelajaran yang dikemas pada Media Pembelajaran Interaktif Sistem Surya Seru (SIYARU) berbasis website.
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mendeskripsikan kevalidan, 2) Mendeskripsikan respon peserta didik, 3) Mendeskripsikan keefektifan Media Pembelajaran Interaktif Sistem Surya Seru (SIYARU) berbasis website. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model
pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE dengan tahapan yaitu: 1) Analysis; 2) Design; 3) Development; 4) Implementation; 5) Evaluation. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII B SMP Negeri 1 Ambulu. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kuantitatif yaitu uji validitas, uji respon peserta didik dan keefektifan produk. Uji validitas melalui angket dari validasi ahli materi, ahli media, dan ahli praktisi yaitu pendidik IPA. Uji respon peserta didik melalui angket respon peserta didik skala kecil dan skala besar. Sementara uji keefektifan dari hasil pretest dan posttest peserta didik skala kecil dan skala besar yang di uji melalui N-Gain.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Media Pembelajaran Interaktif Sistem Surya Seru (SIYARU) Berbasis Website; (1) Dinyatakan layak digunakan dengan presentase kevalidan oleh ahli materi sebesar 93,3%, kevalidan media oleh ahli media sebesar 91,2%, kevalidan oleh ahli praktisi pendidikan 1 sebesar 97,5%, dan kevalidan oleh ahli praktisi pendidikan 2 sebesar 95%, dengan rata-rata total presentase hasil validasi sebesar 94,2%. (2) Hasil uji respon didapatkan nilai presentase untuk skala kecil sebesar 86,15% masuk pada kategori sangat baik dan untuk skala besar sebesar 97% masuk pada kategori sangat baik. (3) Hasil uji pretest dan posttest menggunakan N-Gain diperoleh hasil sebesar 0,67 untuk skala kecil dan sebesar 0,71 untuk skala besar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Media Pembelajaran Interaktif Sistem Surya Seru (SIYARU) Berbasis Website
cukup efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Mrs. Zizatul Laily
Date Deposited: 04 Jun 2025 01:02
Last Modified: 04 Jun 2025 01:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41904

Actions (login required)

View Item View Item