Penggunaan ChatGPT sebagai Sumber Belajar Tambahan dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Kuliah bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember Angkatan 2022

Qonita, Almas Fatati (2025) Penggunaan ChatGPT sebagai Sumber Belajar Tambahan dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Kuliah bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember Angkatan 2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Almas Fatati Qonita_214101010005 - Watermark.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Almas Fatati Qonita, 2025: Penggunaan ChatGPT sebagai Sumber Belajar
Tambahan dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Kuliah bagi Mahasiswa
Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember Angkatan 2022
Kata Kunci: ChatGPT, sumber belajar tambahan, pemahaman materi kuliah
Penggunaan ChatGPT sebagai sumber belajar tambahan semakin marak di
kalangan mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah
dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
angkatan 2022, terutama untuk membantu memahami materi kuliah yang sulit.
Hal ini menunjukkan bahwa ChatGPT telah menjadi bagian dari proses belajar
mahasiswa masa kini.
Penelitian ini memfokuskan pada dua hal, yaitu: 1) Bagaimana
pemahaman mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq
Jember angkatan 2022 terhadap urgensi ChatGPT sebagai sumber belajar
tambahan; dan 2) Bagaimana langkah-langkah mahasiswa dalam menggunakan
ChatGPT untuk meningkatkan pemahaman terhadap materi kuliah oleh
mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember angkatan
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan pemahaman
mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember angkatan
2022 terhadap urgensi ChatGPT sebagai sumber belajar tambahan; dan 2)
mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan ChatGPT dalam meningkatkan
pemahaman materi kuliah oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama
Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Kiai Haji
Achmad Siddiq Jember angkatan 2022.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus.
Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Proses analisis data menggunakan model Miles, Huberman, dan
Saldana yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Mahasiswa memahami urgensi
ChatGPT sebagai sumber belajar tambahan yang bermanfaat dan fleksibel, namun
tetap menggunakannya secara bijak sebagai pelengkap yang memerlukan
verifikasi serta rujukan pada sumber ilmiah dan keagamaan yang sahih. 2) Dalam
penggunaannya, mahasiswa menggunakan ChatGPT secara strategis, bertahap,
dan kritis sebagai alat bantu dalam meningkatkan pemahaman materi, dengan
tetap memverifikasi informasi, menjaga integritas akademik, dan memperhatikan
nilai keislaman.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Almas Fatati Qonita
Date Deposited: 04 Jun 2025 01:12
Last Modified: 04 Jun 2025 01:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41917

Actions (login required)

View Item View Item