Sholehah, Inayatus (2025) Pengaruh Model Pembelajaran PjBL Berbasis STEM Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Di MTsN 8 Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
INAYATUS SHOLEHAH_214101100007 (1).pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Kata Kunci: PjBL berbasis STEM, Hasil Belajar Siswa, Klasifikasi Makhluk Hidup
Siswa di MTsN 8 Banyuwangi masih mengalami kesulitan dalam memahami materi IPA, khususnya materi klasifikasi makhluk hidup, kesulitan ini disebabkan oleh banyaknya istilah ilmiah yang sulit dipahami dalam materi dan kurangnya penguasaan konsep dasar materi, yang berdampak pada rendahnya antusiasme siswa selama proses pembelajaran dan menurunnya hasil belajar. Siswa juga belum mampu mengaitkan materi dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa permasalahan tersebut dapat dipecahkan dengan cara menciptakan pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran, seperti model pembelajaran project, salah satu model pembelajaran yang mendukung dalam proses pembelajaran tersebut adalah model pembelajaran project based learning berbasis STEM. Dengan melakukan proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran Project based learning berbasis STEM merupakan solusi yang sesuai untuk meningkatkan hasil belajar siswa di MTsN 8 Banyuwangi.
Rumusan masalah penelitian ini adalah: Apakah terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran PjBL berbasis STEM terhadap hasil belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup?. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran PjBL berbasis STEM terhadap hasil belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup.
Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi Eksperiment atau eksperimen semu dengan desain non equivalent control group desain. Populasi yang digunakan yaitu siswa kelas VII MTsN 8 Banyuwangi yang berjumlah 363 siswa dengan sampel sebanyak 68 siswa yang terbagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Analisis data yang digunakan dengan uji non parametrik yaitu uji Mann-whitney.
Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa rata-rata nilai postest di kelas eksperimen adalah 73,82 sedangkan di kelas kontrol 52,94. Dari hasil kedua sampel tersebut diperoleh selisih sebesar 20,88 serta diperoleh data hasil postest kelas kontrol dan eksperimen sebesar Sig. 0,001 < 0,05. Dari perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran PjBL berbasis STEM memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup di kelas VII MTsN 8 Banyuwangi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA |
Depositing User: | Ms Inayatus Sholehah |
Date Deposited: | 04 Jun 2025 01:47 |
Last Modified: | 04 Jun 2025 01:47 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41948 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |