Dwi Himawan, Akyas (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION DALAM MENGEMBANGKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PLUS DARUS SHOLAH JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
AKYAS DWI HIMAWAN _212101010095.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Akyas Dwi Himawan, 2025: Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Student Team Achievement Division dalam Mengembangkan Keaktifan Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Pertama Plus Darus Sholah Jember
Kata Kunci : STAD, keaktifan belajar, pembelajaran kooperatif
Menciptakan siswa yang aktif dalam pembelajaran dapat diatasi dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Siswa di SMP Plus Darus Sholah Jember selama proses pembelajaran banyak yang kurang aktif dalam mengikuti pelajaran. Namun, berbeda halnya ketika diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Melalui model ini, siswa dapat saling bekerja sama dalam kelompok kecil, mengembangkan kemampuan sosial dan komunikasi, membangun keaktifan belajar, serta merangsang kemampuan berpikir kritis mereka.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana perencanaan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Team Achievement Division pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Plus Darus Sholah Jember? 2) Bagaimana Penerapan Model pembelajaran Kooperatif tipe Student Team Achievement Division pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam mengembangkan keaktifan menyampaikan pendapat di SMP Plus Darus Sholah Jember?3) Bagaimana Evaluasi Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Team Achievement Division dalam Mengembangkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Plus Darus Sholah Jember?
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan perencanaan Model Pembelajaran kooperatif Tipe Student Team Achievement Division pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Plus Darus Sholah Jember. 2) Mendeskripsikan Penerapan Model pembelajaran kooperatif Tipe Sudent Team Achievement Division pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Mengembangkan Keaktifan Belajar Peserta Didik di SMP Plus Darus Sholah Jember. 3) Mendeskripsikan Evaluasi Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Team Achievement Division dalam Mengembangkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Plus Darus Sholah Jember
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara , observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Penelitian ini sampai pada kesimpulan bahwa: Pembelajaran dalam kelompok memberikan suasana yang mendukung siswa untuk lebih percaya diri menyampaikan pendapat. Kuis individu yang mendukung memungkinkan siswa untuk lebih terlibat aktif dalam diskusi dan menyampaikan pendapatnya. Dalam berdiskusi guru menjadi fasilitator yang membimbing jalannya diskusi, mengarahkan siswa saat mengalami kesulitan, dan memastikan setiap anggota kelompok berpartisipasi aktif dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Akyas dwihimawan |
Date Deposited: | 04 Jun 2025 07:39 |
Last Modified: | 04 Jun 2025 07:39 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/41998 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |