Syahrani, Balqis (2025) Pengembangan Media Pockets Of Fact and Fiction pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Fakta dan Fiksi di Kelas 3B SD Al- Baitul Amien (Full Day School) Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
WATERMAK SKRIPSI BALQIS SYAHRANI LABIBAH.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (9MB) |
Abstract
Pemilihan media pembelajaran perlu disesuaikan dengan karakteristik peserta didik supaya kegiatan belajar mengajar bisa terlaksana dengan maksimal. Tetapi, berdasarkan wawancara dan observasi yang telah dilakukan, dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi fakta dan fiksi ini peserta didik akan lebih aktif dan antusias apabila menggunakan media pembelajaran, jika hanya menggunakan metode ceramah peserta didik tidak akan antusias dan kegiatan pembelajaran tidak akan maksimal. Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia juga peserta didik di kelas 3B masih kesulitan dalam membedakan antara kalimat fakta dan fiksi. Oleh karena itu, media pembelajaran Pockets Of Fact and Fiction digunakan untuk meningkatkan antusias dan dapat membantu peserta didik dalam memahami dan membedakan antara kalimat Fakta dan Fiksi.
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui proses pengembangan media pembelajaran Pockets Of Fact and Fiction pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Fakta dan Fiksi di Kelas 3B SD Al- Baitul Amien (Full Day School) Jember, 2) Mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran Pockets Of Fact and Fiction pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Fakta dan Fiksi di Kelas 3B SD Al- Baitul Amien (Full Day School) Jember, 3) Mengetahui keefektifan pengembangan media pembelajaran Pockets Of Fact and Fiction pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Fakta dan Fiksi di Kelas 3B SD Al- Baitul Amien (Full Day School) Jember.
Metode yang digunakan adalah Reseacrch and Development (Penelitian dan Pengembangan) dengan uji coba skala kecil pada 6 peserta didik dan skala besar pada 28 peserta didik. Penelitian ini menerapkan instrumen pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan tes dengan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Produk yang dikembangkan adalah media pembelajaran Pockets Of Fact and Fiction pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Fakta dan Fiksi di Kelas 3B SD Al- Baitul Amien (Full Day School) Jember, 2) Hasil persentase dari keempat validator yakni ahli materi, ahli media, ahli bahasa, ahli pembelajaran adalah 97,25% yang berarti sangat layak, 3) Hasil uji efektivitas menggunakan Uji N-Gain didapatkan skor 0,890 yang artinya memiliki peningkatan yang tinggi. Sehingga, dapat disimpulkan media pembelajaran Pockets Of Fact and Fiction sangat efektif diterapkan dalam kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Balqis Syahrani |
Date Deposited: | 05 Jun 2025 03:57 |
Last Modified: | 05 Jun 2025 03:57 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/42027 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |