Arica Malis, Dewinta (2025) Pengembangan Media Berbasis Permainan Sepak Tekong Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV Pada Materi Sejarah Perumusan Pancasila di Madrasah Ibtidaiyah Riyadlus Sholihien Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
SKRIPSI FIKS DEWINTA WATERMARK.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Pengembangan media permainan sepak tekong ini dilatarbelakangi oleh
sistem pembelajaran di kelas yang masih berpusat pada pendidik, berarti metode
pembelajaran didominasi oleh aktivitas guru, bukan berpusat pada siswa. Hal ini
menyebabkan peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi
pembelajaran, terutama pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dan cepat merasa
bosan. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan terdapat beberapa siswa yang memiliki
gaya belajar kinestetik yakni dibutuhkannya media pembelajaran yang dapat
menyalurkan gaya belajar siswa.
Penelitian ini memiliki tujuan sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui dan
mendeskripsikan proses Pengembangan Media Berbasis Permainan Sepak Tekong
dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas 4 pada Materi Sejarah Perumusan
Pancasila di Madrasah Ibtidaiyah Riyadlus Sholihen Jember 2) Untuk mengetahui
dan mendeskripsikan ke efektifan Media Berbasis Permainan Sepak Tekong dalam
Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas 4 pada Materi Sejarah Perumusan
Pancasila di Madrasah Ibtidaiyah Riyadlus Sholihen Jember 3) Untuk mengetahui
respons siswa terdapat Media Berbasis Permainan Sepak Tekong dalam
Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas 4 pada Materi Sejarah Perumusan
Pancasila di Madrasah Ibtidaiyah Riyadlus Sholihen Jember.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D (Research and
Development) dengan menggunakan model ADDIE yang memiliki lima tahapan
yakni Analisis (Analysis), Perencangan (Design). Pengembangan (Development).
Implementasi (Implementation), Evaluasi (Evaluatio). Penelitian ini menggunkan
isntrumen pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, angket
dan tes dengan menggunakan teknik analisis dara kualitatif dan kuantitatif.
Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakuakan oleh peneliti 1)
Memperoleh hasil validasi dari tiga validator yang pertama validator materi
mendapatkan skor 93%, validator media dengan skor 92% dan validator ahli materi
mendapatkan skor 88% semua berkriteria sangat baik. 2) Hasil nilai keefektifan dari
pengembangan media memperoleh hasil 71 berkriteria cukup baik 3) Untuk hasil
respon siswa memperoleh nilai 89,55% dimana dikategorikan sangat baik sehingga
dapat disimpulkan bahwa media permainan sepak tekong ini cukup efekti dan valid
bila diterapkan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Dewinta Arica Malis |
Date Deposited: | 05 Jun 2025 06:12 |
Last Modified: | 05 Jun 2025 06:12 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/42049 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |