Siti imro’atul khusna IMPLEMENTASI PROGRAM KAJIAN KITAB KUNING PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN 01 DIPONEGORO WULUHAN JEMBER

Khusna, Siti imro’atul (2025) Siti imro’atul khusna IMPLEMENTASI PROGRAM KAJIAN KITAB KUNING PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN 01 DIPONEGORO WULUHAN JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Skripsi_Siti imroa’atul khusna (212101010091).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Kata kunci: implementasi program, Kajian Kitab Kuning
Kajian kitab kuning biasa diajarkan di dunia pesantren, namun di Lembaga formal seperti sekolah menengah kejuruan 01 diponegoro wuluhan ini mengimplementasikan program kajian kitab kuning pada pembelajaran Pendidikan agama islam dan budi pekerti pada aspek fikih dan akidah menggunakan kitab fathul qorib dan aqidatul awam, sehingga peneliti tertarik untuk meneliti hal tersebut.
Fokus dari penelitian ini sebagai berikut: 1) Bagaimana proses kajian kitab fathul qorib pada pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti aspek fiqih di Sekolah Menengah Kejuruan 01 Diponegoro Wuluhan Jember. 2) Bagaimana proses kajian kitab aqidatul awam pada pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti aspek akidah di Sekolah Menengah Kejuruan 01 Diponegoro Wuluhan Jember.
Tujuan penelitian ini sebagai berikut: 1) Untuk mendeskripsikan proses kajian kitab fathul qorib pada pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti aspek fiqih di Sekolah Menengah Kejuruan 01 Diponegoro Wuluhan Jember. 2) Untuk mendeskripsikan proses kajian kitab aqidatul awam pada pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti aspek akidah di Sekolah Menengah Kejuruan 01 Diponegoro Wuluhan Jember.
Metode ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis field research. Penelitian ini dilakukan di SMK 01 Diponegoro Wuluhan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data penelitian ini yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Kesimpulan pada penelitian ini sebagai berikut: Proses kajian kitab kuning pada pembelajaran Pendidikan agama islam dan budi pekerti di sekolah menengah kejuruan 01 diponegoro Wuluhan Jember meliputi tiga tahap, tahap perencanaan yang mencakup mempersiapkan materi, pemilihan metode dan media yang akan digunakan dalam pembelajaran, tahap pelaksanaan melibatkan tiga bagian utama, yaitu kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup, Tahap evaluasi pada kajian kitab fathul qorib berupa rangkuman materi dan praktik praktik sesuai materi yang diajarkan, dan pada kajian kitab aqidatul awam diharuskan menghafal aqoid lima puluh, yaitu 20 sifat wajib Allah, 20 sifat Mustahil Allah, 1 sifat jaiz Allah, 4 sifat wajib Rosul, 4 sifat mustahil Rosul, 1 sifat jaiz Rosul.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2002 Cultural Studies > 200202 Asian Cultural Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti imro’atul Khusna
Date Deposited: 11 Jun 2025 06:28
Last Modified: 11 Jun 2025 06:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/42056

Actions (login required)

View Item View Item