Syafa, Alvi (2025) PENGEMBANGAN MEDIA KOMEDO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENCERITAKAN KEMBALI ISI DONGENG DI KELAS III MI NURUL ISLAM KUNIR LOR LUMAJANG. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.
![]() |
Text
skripsi alvi WM.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Di era Generasi Alpha ini, guru harus bisa menciptakan karya hebat
yang membuat peserta didik tertarik dan antusias dalam pembelajaran. Guru
di MI Nurul Islam Kunir Lor Lumajang hanya mengandalkan penggunaan
buku teks serta LKS saja, membuat sebagian siswa bosan dan jenuh dengan
penyampaian materi yang masih monoton. Maka dari itu sekolah MI Nurul
Islam Kunir Lor Lumajang memerlukan dikembangkannya media
pembelajaran yang interaktif kemudian dikembangkan untuk membantu
proses pembelajaran yang lebih inovatif dan merangsang semangat belajar
siswa agar efektif.
Penelitian pengambangan ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan
media pembelajaran Komedo pada mata pelajaran bahasa indonesia Untuk
Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menceritakan Kembali Isi
Dongeng di Kelas III MI Nurul Islam Kunir Lor Lumajang, 2) mengetahui
validitas pengembangan media pembelajaran Komedo pada mata pelajaran
bahasa indonesia untuk meningkatkan Meningkatkan Kemampuan Siswa
Dalam Menceritakan Kembali Isi Dongeng di Kelas III MI Nurul Islam
Kunir Lor Lumajang, 3) mengetahui pengembangan media pembelajaran
Komedo pada mata pelajaran bahasa indonesia untuk meningkatkan
Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menceritakan Kembali Isi
Dongeng di Kelas III MI Nurul Islam Kunir Lor Lumajang.
Metode penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan
(Research and Development) dengan model ADDIE yaitu Analyze
(analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation
(implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Subjek dari penelitian ini
merupakan angket penilaian yang dilakukan oleh validator ahli (media,
materi dan pembelajaran) dengan menggunakan angket validasi, serta
angket respon siswa terhadap media pembelajaran Komedo.
Menurut hasil penelitian dan pengembangan ini memperoleh presentase
dari ahli diantaranya: 1) ahli media sebesar 90,0%, 2) ahli materi sebesar
91,25%, 3) ahli pembelajaran sebesar 89,09 %, 4) dan presentase nilai
efektivitas oleh hasil pretest dan post-test siswa sebesar 96%. Sehingga
dapat disimpulkan bahwa media Komedo yang dikembangkan dapat
dikategorikan sangat valid sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130203 Economics, Business and Management Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Alvi Syafa |
Date Deposited: | 05 Jun 2025 07:17 |
Last Modified: | 05 Jun 2025 07:17 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/42061 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |