Pengembangan Media Kartu Kata Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Benda di Sekitar Kelas I Madrasah Ibtidaiyah Al Fitroh Patrang Jember

Qotrun Nada, Anzilna (2025) Pengembangan Media Kartu Kata Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Benda di Sekitar Kelas I Madrasah Ibtidaiyah Al Fitroh Patrang Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NASKAH SKRIPSI PRINT ANZILNA QOTRUN NADA,,watermax.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini berlandaskan pada media pembelajaran yang digunakan sebagai alat bantu guru dalam menyampaikan materi kepada siswa, untuk melengkapi sarana pembelajaran pada muatan Bahasa Indonesia materi benda di sekitar pada Kelas I. Kendala yang dihadapi guru ketika pembelajaran penggunaan media seadanya dengan memanfaatkan lingkungan sekitar, sehingga peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran. Media pembelajaran ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan peserta didik dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia yang berkaitan dengan materi kosakata benda di sekitar dengan memanfaatkan media pembelajaran Kartu Kata.
Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini yaitu: 1) Untuk Mendeskripsikan media kartu kata pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi benda di sekitar kelas I Madrasah Ibtidaiyah Al Fitroh Patrang Jember 2) Untuk Mengetahui validitas pengembangan media kartu kata pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas I Madrasah Ibtidaiyah Al Fitroh Jember 3) Untuk mengetahui efektifitas siswa setelah menggunakan media kartu kata pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi benda di sekitar kelas I Madrasah Ibtidaiyah Al Fitroh Patrang Jember.
Penelitian ini menggunakan metode pengembangan yang biasa disebut dengan istilah R&D atau Research and Development. Model yang digunakan pada penelitian ini yakni model ADDIE dengan tahapan Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, pengisian angket, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa 1). Produk yang dihasilkan pada penelitian dan pengembangan ini adalah media kartu kata pada materi benda di seitar kelas I di Madrasah ibtidaiyah Al Fitroh Jember. 2). Validitas media kartu kata yang dikembangkan sangat valid (layak) berdasarkan hasil angket uji validitas oleh 4 ahli validator dan respon peserta didik kelas I. Hasil dari validasi ahli media sebesar 86% dengan kategori sangat valid, hasil dari ahli materi sebesar 92% dengan kategori sangat valid, hasil dari ahli bahasa sebesar 94% dengan kategori sangat valid dan dari ahli pembelajaran sebesar 96% dengan kategori sangat valid. Hasil rata-rata angket dari para validator menunjukkan presentase 92% dengan kategori sangat valid. Adapun hasil angket respon peserta didik pada uji coba skala kecil yaitu sebesar 90% dan hasil angket respon peserta didik pada uji coba skala besar adalah 94,31%. 3). Efektifitas diperoleh dari hasil nilai pretest dan postest. Pemberian soal pretest dilakukan sebelum menerapkan media dan diperoleh nilai rata-rata 51,54. Sementara nilai postest sebesar 88,86 dan hasil uji N-gain 0,758.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Anzilna Qotrun Nada
Date Deposited: 10 Jun 2025 02:12
Last Modified: 10 Jun 2025 02:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/42097

Actions (login required)

View Item View Item