IMPLEMENTASI BUDAYA SALAT BERJAMAAH, SENYUM, SALAM, SAPA, SOPAN, SANTUN, SILATURAHMI, SABAR, SYUKUR, SENANG HATI, DAN IKHLAS (10 S 1 I) DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 JEMBER

Suhata, Aldy Ahmad (2025) IMPLEMENTASI BUDAYA SALAT BERJAMAAH, SENYUM, SALAM, SAPA, SOPAN, SANTUN, SILATURAHMI, SABAR, SYUKUR, SENANG HATI, DAN IKHLAS (10 S 1 I) DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Aldy Ahmad.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Aldy Ahmad Suhata, 2025: Implementasi Budaya 10 S 1 I Dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa Di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Jember.
Kata kunci: 10 S 1 I, Karakter Religius, SMA N 2 Jember.

Karakter yang dijumpai saat ini khususnya di lingkup pendidikan mengalami krisis moral atau akhlak dengan berbagai penyimpangan, salah satunya kekerasan, kenakalan remaja, dan sebagainya. Hal tersebut di netralisir dengan berbagai kegiatan di sekolah yang dapat memberikan perubahan pada karakter siswa. SMA Negeri 2 Jember adalah sekolah favorit ke 2 yang memiliki tujuan untuk meningkatkan karakter religius siswa melalui penanaman nilai-nilai religius dengan menerapkan budaya religius sekolah. Budaya tersebut, yaitu Implementasi Budaya 10 S 1 I. Berbeda dengan implementasi di sekolah lain yang kebanyakan hanya beberapa yang diterapkan, misalnya 3 S, sehingga SMA Negeri 2 Jember mengoptimalkan peningkatan karakter religius melalui 10 S 1 I.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana konsep budaya 10 S 1 I dalam meningkatkan karakter religius siswa di SMA Negeri 2 Jember?. 2) Bagaimana aktualisasi budaya 10 S 1 I dalam meningkatkan karakter religius siswa di SMA Negeri 2 Jember?.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan konsep budaya 10 S 1 I dalam meningkatkan karakter religius siswa di SMA Negeri 2 Jember. 2) Mendeskripsikan aktualisasi budaya 10 S 1 I dalam meningkatkan karakter religius siswa di SMA Negeri 2 Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman, sehingga dapat dikomunikasikan antara satu bagian data dengan bagian data yang lain. Kemudian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa 1) konsep budaya 10 S 1 I dalam meningkatkan karakter religius siswa merupakan wujud kebudayaan sesuai teori koentjaraningrat dengan tiga tataran, tataran nilai, praktik dan simbol, yaitu melalui berbagai kegiatan seperti salat berjamaah, pelaksanaan senyum salam sapa, tadarus, istighosah, infaq Jumat, serta interaksi yang mengedepankan etika dan adab, sehingga hal ini berdampak pada karakter religius siswa yang terbiasa melakukan hal baik sesuai budaya tersebut dalam kehidupan sehari-hari. 2) Aktualisasi 10 S 1 I dalam meningkatkan karakter religius siswa memiliki beberapa tahapan seperti keteladanan berupa partisipasi guru pada kegiatan 10 S 1 I, pembiasaan berupa membiasakan salat berjamaah dan sebagainya, motivasi berupa tambahan nilai mata pelajaran di SMADA, hukuman berupa pengurangan nilai di SMADA, serta didukung dengan adanya fasilitas seperti masjid, dan Lab PAI, namun ada juga hambatannya yaitu, masih ada siswa yang belum lancar mengaji, sehingga menghambat pada proses pelaksanaan budaya 10 S 1 I yang hakikatnya bernuansa religius atau islami

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aldy Ahmad Suhata
Date Deposited: 10 Jun 2025 07:49
Last Modified: 10 Jun 2025 07:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/42149

Actions (login required)

View Item View Item