PENGARUH HARGA, KUALITAS PELAYANAN, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PASAR BARU TRADISIONAL KOTA PROBOLINGGO

Kulsum, Umi (2025) PENGARUH HARGA, KUALITAS PELAYANAN, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PASAR BARU TRADISIONAL KOTA PROBOLINGGO. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text
Umi Kulsum (Watermak).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Umi Kulsum, Muhammad Saiful Anam, 2025: Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pasar Baru Tradisional Kota Probolinggo.

Kata Kunci : Harga, Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Kepuasan Konsumen.

Latar belakang Pasar Baru Tradisional Kota Probolinggo memiliki keunikan tersendiri dengan mayoritas pedagang dari masyarakat Madura yang beragama Islam, sehingga nilai-nilai keislaman seperti kejujuran, tanggung jawab, dan keadilan sangat mempengaruhi transaksi.
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Adakah pengaruh Harga terhadap Kepuasan Konsumen?; 2) Adakah pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen?; 3) Adakah pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen?; 4) Adakah pengaruh secara simultan Harga, Kualitas Pelayanan, dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen pada Pasar Baru Tradisional Kota Probolinggo?.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh Harga terhadap Kepuasan Konsumen; 2) Untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen; 3) Untuk mengetahui pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen; 4) Untuk mengetahui pengaruh secara simultan Harga, Kualitas Pelayanan, dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen pada Pasar Baru Tradisional Kota Probolinggo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif kausal untuk menguji pengaruh harga, kualitas pelayanan, dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen di Pasar Baru Tradisional Kota Probolinggo . Analisis data dilakukan menggunakan aplikasi SPSS dengan metode analisis regresi linier berganda, yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh masing-masing variabel bebas terhadap variabel terikat. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 90 responden, dan pengujian dilakukan melalui uji asumsi klasik (normalitas, multikolinearitas), serta uji regresi simultan dan parsial dengan tolok ukur nilai t hitung > t tabel (1,987) dan signifikansi < 0,05 untuk menentukan pengaruh yang signifikan.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa 1) Harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Semakin sesuai dan terjangkau harga yang ditawarkan, semakin tinggi tingkat kepuasan konsumen dalam berbelanja di Pasar Baru Tradisional Kota Probolinggo; 2) Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Pelayanan yang responsif, andal, dan penuh empati sesuai dengan nilai-nilai kejujuran dalam Islam mampu meningkatkan kepuasan konsumen secara keseluruhan; 3) Kualitas produk memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Produk yang memiliki kinerja baik, tahan lama, dan sesuai dengan spesifikasi yang dijanjikan menjadi faktor utama dalam meningkatkan kepuasan konsumen di pasar ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Umi Kulsum
Date Deposited: 10 Jun 2025 09:09
Last Modified: 10 Jun 2025 09:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/42160

Actions (login required)

View Item View Item