Haidar, Abdullah Sodiq (2025) Penerapan Model Contextual Teaching and Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII B Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Jember. Undergraduate thesis, Uin Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
ABDULLAH SODIQ HAIDAR_204101010068-1_compressed.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
Abdullah Sodiq Haidar, 2025 : Penerapan Model Contextual Teaching and Learning
dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada mata pelajaran Fikih Kelas VIII B di
Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Jember
Kata Kunci : Model pembelajaran, contextual teaching and learning, motivasi belajar siswa.
Pembelajaran fikih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Jember masih dilaksanakan
secara konvensional dan berpusat pada guru. Hal ini berdampak pada rendahnya motivasi
belajar siswa, yang terlihat dari kurangnya partisipasi aktif dalam kelas, rendahnya antusiasme
terhadap materi, serta minimnya kemampuan mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan
sehari-hari. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang mampu merangsang
keaktifan dan motivasi belajar siswa secara lebih efektif. Model Contextual Teaching and
Learning dipilih karena mampu mengaitkan materi pembelajaran dengan konteks kehidupan
nyata siswa, menjadikan pembelajaran lebih bermakna, relevan, dan aplikatif. CTL
mendorong siswa untuk membangun pemahaman berdasarkan pengalaman pribadi, berpikir
kritis, serta bekerja sama dalam lingkungan belajar yang aktif dan menyenangkan. Sebelum
penerapan model CTL, siswa cenderung pasif, hanya mendengarkan penjelasan guru, dan
mengalami kesulitan memahami relevansi materi fikih dengan kehidupan sehari-hari. Setelah
penerapan CTL, terjadi peningkatan motivasi belajar yang ditunjukkan dengan antusiasme
siswa dalam berdiskusi, keberanian bertanya dan menjawab, serta meningkatnya kemampuan
mengaitkan materi fikih dengan pengalaman pribadi dan lingkungan sekitar.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui penerapan model contextual teaching
and learning dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fikih kelas
VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Jember.
2) Mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung penerapan model contextual
teaching and learning dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran
fikih kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif.
Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik
analisis data pada penelitian ini yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Pada uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan
triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan 1) Penerapan model contextual teaching and learning
dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fikih dilakukan dengan cara:
a) Guru memulai pembelajaran dengan pertanyaan, b) Menyajikan materi dalam konteks
nyata, c) Mendorong siswa untuk berfikir kritis, d) Menggunakan berbagai media,
e) Melibatkan siswa dalam kegiatan diskusi dan kolaborasi, f) Mendorong siswa untuk
melakukan refleksi. 2) Dalam penerapan model contextual teaching and learning memiliki
beberapa faktor, baik faktor yang pendukung maupun faktor penghambat. Adapun faktor
pendukung diantaranya yaitu: a) sarana dan prasarana, b) semangat belajar. Kemudian faktor
penghambat yang dialami diantaranya yaitu : a) kurangnya jam pelajaran, b) keberagaman
kemampuan siswa, c) ketika praktek siswa kurang percaya diri. Sehingga dari penerapan
model contextual teaching and learning dapat menumbuhkan semangat motivasi belajar siswa
dengan lebih meningkat baik dalam pengetahuan, pemahaman, maupun penerapannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | sodiq abdullah haidar |
Date Deposited: | 11 Jun 2025 03:17 |
Last Modified: | 11 Jun 2025 03:17 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/42207 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |