Kholifah, Ni'matul (2022) Pembelajaran Kitab Arbain An-Nawawi dalam Penanaman Nilai Karakter Santri di Pondok Pesantren Amirussalam Kecamatan Bangorejo Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.
Text
Ni'matul Kholifah.pdf Download (3MB) |
Abstract
Kata Kunci: Pembelajaran, Kitab Arbain An-Nawawi, Penanaman Nilai Karakter
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya moral, akhlaq, atau karakter di era modernitas zaman yang tidak sesuai dengan nilai sosial dan nilai agama. Oleh karena itu penanaman nilai karakter sangat diperlukan. Terlebih dalam penanaman nilai karakter religius, toleransi, dan jujur. Hal ini pula yang dilakukan oleh pondok pesantren Amirussalam dalam menerapkan penanaman karakter santri dalam pembelajaran kitab Arbain An-Nawawi sebagai penanaman karakter sehingga bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
Fokus penelitian yang diteliti di dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana pembelajaran Kitab Arbain Nawawi dalam penanaman nilai karakter religius di Pondok Pesantren Amirussalam Kecamatan Bangorejo Kabupaten Banyuwangi? 2) Bagaimana pembelajaran Kitab Arbain Nawawi dalam penanaman nilai karakter toleransi di Pondok Pesantren Amirussalam Kecamatan Bangorejo Kabupaten Banyuwangi? 3) Bagaimana pembelajaran Kitab Arbain Nawawi dalam penanaman nilai karakter jujur di Pondok Pesantren Amirussalam Kecamatan Bangorejo Kabupaten Banyuwangi?
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik dalam pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan teori Miles, Huberman, dan Saldana. Terakhir untuk membuktikan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian: 1) Penanaman nilai karakter religius melalui kitab Arbain An-Nawawi dilaksanakan dalam pembelajaran diniyah, diawali dan diakhiri dengan do’a, membaca nadhoman, guru menyampaikan, menjelaskan, dan memberi contoh penerapan dalam materi kitab Arbain An-Nawawi hadist ke dua dan di aplikasikan melalui kegiatan dan peraturan pondok seperti wajib sholat berjama’ah, diba’iyah, tahlil, istigosha, membaca dzikir, membaca Al-Qur’an. 2) Penanaman nilai karakter toleransi melalui kitab Arbain An-Nawawi dilaksanakan dalam pembelajaran diniyah, diawali dan diakhiri dengan do’a, membaca nadhoman, guru menyampaikan, menjelaskan, dan memberi contoh penerapan dalam materi kitab Arbain An-Nawawi hadist ke tiga belas dan di aplikasikan melalui kegiatan dan peraturan pondok seperti kegiatan diba’iayah santri dengan ibu-ibu majlis, sikap menghargai santri dengan teman dan warga non muslim, diskusi dalam proses pembelajaran, kerja bakti. 3) Penanaman nilai karakter jujur melalui kitab Arbain An-Nawawi dilaksanakan dalam pembelajaran diniyah, diawali dan diakhiri dengan do’a, membaca nadhoman, guru menyampaikan, menjelaskan, dan memberi contoh penerapan dalam materi kitab Arbain An-Nawawi hadist ke dua puluh satu dan di aplikasikan melalui kegiatan dan peraturan pondok seperti adanya kantin jujur dan absensi untuk sholat berjama’ah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ni'matul Kholifah Agus wahyudi |
Date Deposited: | 08 Feb 2022 07:40 |
Last Modified: | 08 Feb 2022 07:40 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4222 |
Actions (login required)
View Item |