Pengembangan Media Pembelajaran Smart Wardrobe Dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Materi Bagian Tubuh Tumbuhan Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Swasta Ma'arif Salafiyah Kraton Kencong Jember

Fashokha, Ning (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Smart Wardrobe Dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Materi Bagian Tubuh Tumbuhan Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Swasta Ma'arif Salafiyah Kraton Kencong Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI NING FASHOKHA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (11MB)

Abstract

Kata kunci: Media Pembelajaran Smart Wardrobe, IPAS, Bagian Tubuh Tumbuhan.
Media memainkan peran penting dalam proses pembelajaran dengan menyampaikan materi secara efektif dan memberikan fasilitas untuk proses belajar. Berdasarkan hasil wawancara serta observasi yang dilakukan memperoleh hasil beberapa permasalahan di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Swasta Ma’arif Salafiyah yaitu pembelajaran kurang menarik karena guru jarang menggunakan media serta strategi yang kurang beragam. Adapun salah satu media yang dapat dimanfaatkan dan peneliti kembangkan yaitu media Smart Wardrobe. Media ini adalah media pembelajaran dirancang berbentuk lemari pintar di dalamnya terdapat beberapa rak dengan materi berbeda-beda.
Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana kelayakan media Smart Wardrobe mata pelajaran IPAS materi bagian tubuh tumbuhan kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Ma’arif Salafiyah Kraton Kencong Jember? 2) Bagaimana respon Peserta didik terhadap penggunaan media Smart Wardrobe mata pelajaran IPAS materi bagian tubuh tumbuhan kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Ma’arif Salafiyah Kraton Kencong Jember? 3) Bagaimana keefektifan penggunaan media Smart Wardrobe mata pelajaran IPAS materi bagian tubuh tumbuhan kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Ma’arif Salafiyah Kraton Kencong Jember?.
Penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan yang disebut dengan Research and Development (R&D). Model penelitian dan pengembangan yang digunakan penelitian ini yaitu model pengambangan ADDIE dan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data ini menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif.
Hasil dari penelitian dan pengembangan menunjukkan 1) hasil kelayakan dari media Smart Wardrobe yang diperoleh dari validasi ahli media 90%, ahli materi 89,33%, ahli bahasa 88%, dan ahli pembelajaran 98,67%, masuk dalam kategori sangat layak digunakan untuk diuji coba. 2) hasil respon peserta didik diperoleh pada skala kecil presentase sejumlah 97,66%, skala besar presentase sejumlah 92,66% yang artinya media Smart Wardrobe sangat baik. 3) hasil keefektifan diperoleh dengan menggunakan analisis N-Gain dari nilai pre-test dan post-test yang menunjukkan tingkat keefektifan sebesar 96,73% yang termasuk dalam kategori efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology > 060705 Plant Physiology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Ning Fashokha
Date Deposited: 11 Jun 2025 06:36
Last Modified: 11 Jun 2025 06:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/42224

Actions (login required)

View Item View Item