Aisyah, Al Fina Nurul (2025) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Praktikum Berbantuan Aplikasi PlantNet Sub Materi Klasifikasi Tumbuhan Kelas VII DI SMPN 1 Jenggawah. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
AL FINA WM.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (11MB) |
Abstract
Kata kunci: LKS praktikum, Apliksai PlantNet, klasifikasi tumbuhan
Berdasarkan analisis kebutuhan siswa kelas VII G, 62%
menginginkan bahan ajar praktikum, 70% menyukai aplikasi pembelajaran
berbasis ponsel, dan 84,6% memilih pembelajaran praktikum. Materi
klasifikasi tumbuhan yang termasuk subbab klasifikasi makhluk hidup
dianggap sulit oleh sebagian besar siswa. Wawancara guru IPA
mengungkapkan pembelajaran masih dominan ceramah dengan LKS dan
buku paket terbatas. Guru menyarankan pengembangan bahan ajar inovatif
tanpa menghilangkan format LKS. Oleh karena itu, peneliti
mengembangkan LKS praktikum berbantuan aplikasi PlantNet untuk
materi klasifikasi tumbuhan kelas VII di SMPN 1 Jenggawah sesuai
kebutuhan siswa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan tingkat
validitas LKS Praktikum Berbantuan Aplikasi PlantNet Sub Materi
Klasifikasi Tumbuhan Kelas VII di SMPN 1 Jenggawah, (2)
mendeskripsikan tingkat kepraktisan LKS Praktikum Berbantuan Aplikasi
PlantNet Sub Materi Klasifikasi Tumbuhan Kelas VII di SMPN 1
Jenggawah, (3) mendeskripsikan tingkat keefektifan LKS Praktikum
Berbantuan Aplikasi PlantNet Sub Materi Klasifikasi Tumbuhan Kelas VII
di SMPN 1 Jenggawah
Jenis penelitian ini adalah R&D (Research and Development)
dengan model ADDIE yang memiliki 5 tahapan yaitu: Analyze, Design,
Develop, Implement, dan Evaluate. Teknik pengumpulan data yaki
observasi , wawancara, lembar angket, dan lembar tes.
Hasil kevalidan LKS praktikum berbantuan aplikasi PlantNet
diperoleh dari validasi oleh ahli materi dan ahli media, masing-masing
memperoleh persentase sebesar 88,1% dan 92,8% yang termasuk dalam
kategori sangat valid. Kepraktisan LKS diperoleh dari penilaian guru
sebagai pengguna serta respons siswa melalui uji skala kecil dan besar.
Penilaian guru memperoleh persentase sebesar 85,7%, sedangkan respons
siswa menunjukkan persentase sebesar 94% pada uji skala kecil dan 90%
pada uji skala besar, yang semuanya termasuk kategori sangat praktis dan
menarik. Adapun hasil keefektifan diperoleh melalui uji N-gain, dengan
nilai 0,8 pada skala kecil dan 0,7 pada skala besar, yang termasuk dalam
kategori tinggi. Dengan demikian, LKS ini terbukti valid, praktis, dan
efektif untuk digunakan dalam pembelajaran IPA materi klasifikasi
tumbuhan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology > 060705 Plant Physiology 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA |
Depositing User: | mrs Al Fina Nurul Aisyah |
Date Deposited: | 11 Jun 2025 06:10 |
Last Modified: | 11 Jun 2025 06:10 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/42244 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |