Fina Indriani, Fitrohtun (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Rumah Pintar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Materi Sistem Pernapasan Pada Manusia Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Ishlah Gumukmas Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Skripsi FITROHTUN FINA INDRIANI FIX.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Kata Kunci : Media, Rumah Pintar, Sistem Pernapasan pada Manusia.
Penggunaan media pembelajaran yang rill, membuat peserta didik bisa
mendapat kesempatan dalam pembelajaran yang berisi mengenai aspek
perkembangan fisik, emosi, sosial serta kognitif. Di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-
Ishlah Gumukmas Jember, media pembelajaran yang digunakan masih terbatas
sehingga guru hanya menggunakan media gambar dan buku paket dalam proses
pembelajaran. Oleh sebab itu, diperlukan media pembelajaran yang menarik dan
interaktif guna meningkatkan minat dan pemahaman peserta didik. Media
pembelajaran rumah pintar hadir sebagai solusi, menyajikan materi sistem
pernapasan pada manusia dalam bentuk yang menarik serta dilengkapi dengan alat
peraga dan permainan yang menarik perhatian peserta didik.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kelayakan
media pembelajaran rumah pintar pada mata pelajaran IPAS materi sistem
pernapasan pada manusia kelas V di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Ishlah
Gumukmas Jember? (2) Bagaimana respon peserta didik terhadap penggunaan
media pembelajaran rumah pintar pada mata pelajaran IPAS materi sistem
pernapasan pada manusia kelas V di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Ishlah
Gumukmas Jember? (3) Bagaimana efektivitas media pembelajaran rumah pintar
pada mata pelajaran IPAS materi sistem pernapasan pada manusia kelas V di
Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Ishlah Gumukmas Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui kelayakan media
pembelajaran Rumah Pintar pada mata pelajaran IPAS materi sistem pernapasan
pada manusia kelas V di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Ishlah Gumukmas Jember.
(2) Untuk mengetahui respon peserta didik terhadap penggunaan media
pembelajaran rumah pintar pada mata pelajaran IPAS materi sistem pernapasan
pada manusia kelas V di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Ishlah Gumukmas Jember.
(3) Untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran rumah pintar pada mata
pelajaran IPAS materi sistem pernapasan pada manusia kelas V di Madrasah
Ibtidaiyah (MI) Al-Ishlah Gumukmas Jember.
Pengembangan media pembelajaran rumah pintar menggunakan metode
Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, yang terdapat lima
tahapan: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Data
dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan tes.
Hasil dari penelitian dan pengembangan ini yaitu: (1) Hasil kelayakan
media pembelajaran rumah pintar yakni uji validasi ahli media 88%, uji validasi
ahli materi 82%, uji validasi ahli bahasa 80%, dan uji validasi pembelajaran 92%
berarti masuk kategori sangat layak untuk diujicobakan. (2) Hasil respon peserta
didik terhadap media pembelajaran rumah pintar menunjukkan hasil 95,21%
dengan kategori sangat baik. (3) Hasil dari analisis keefektifan peserta didik melalui
pre-test dan post-tes sebesar 77,70% dengan menggunakan analisis N-Gain Score
yang tergolong dalam kategori efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0601 Biochemistry and Cell Biology > 060114 Systems Biology |
Depositing User: | Ms Fitrohtun Fina Indriani |
Date Deposited: | 11 Jun 2025 06:39 |
Last Modified: | 11 Jun 2025 06:39 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/42253 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |