Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Dengan Media Question Card Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas Xi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Jember

Syazana, Amirah (2025) Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Dengan Media Question Card Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas Xi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Amirah Syazana_211101010053 .pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Amirah Syazana, 2025: Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament dengan Media Question Card Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Jember
Kata Kunci: Pembelajaran Aktif, Pembelajaran Menyenangkan, Pembelajaran Kooperatif, Teams Games Tournament, Question Card, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Implementasi model pembelajaran kooperatif Tipe Teams Games Tournament mendorong peserta didik untuk aktif dan dapat mengatasi permasalahan dalam pembelajaran, seperti hasil belajar yang rendah. Oleh karena itu, pendidik perlu kreatif dalam merancang strategi dan model pembelajaran yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.
Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dengan media Question Card dalam meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam dan budi pekerti kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Jember?, 2) Apakah implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dengan media Question Card dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam dan budi pekerti kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Jember?
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dengan media Question Card dalam meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam dan budi pekerti kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Jember, 2) Untuk mengetahui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dengan media Question Card mampu meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam dan budi pekerti kelas XI SMK Negeri 5 Jember
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan, teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Serta keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dilaksanakan dalam dua siklus yang meliputi tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi, serta tiga tahapan pembelajaran pada setiap pertemuan: pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup, (2) model Teams Games Tournament terbukti mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik, mencakup aspek afektif (sikap), kognitif (kemampuan berpikir), dan psikomotorik (keterampilan). Peningkatan ini ditunjukkan melalui nilai rata-rata pra-siklus sebesar 64,8 menjadi 69,75 pada siklus I, dan mencapai 77 pada siklus II.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Amirah Syazana
Date Deposited: 11 Jun 2025 07:05
Last Modified: 11 Jun 2025 07:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/42260

Actions (login required)

View Item View Item