albab, ulil (2025) INTERAKSI SOSIAL REMAJA MUSLIM PEMAIN GAME ONLINE MOBILE LEGEND DI WM CAFÉ DESA DUKUHDEMPOK WULUHAN KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
![]() |
Text
ULIL ALBAB_D20181103.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Ulil Albab, 2025: Interaksi Sosial Remaja Muslim Pemain Game Online Mobile
Legend Di WM Cafe Desa Dukuhdempok Wuluhan Kabupaten Jember.
Kata Kunci: Interaksi sosial, remaja muslim, mobile legend.
Kemajuan teknologi dan internet telah merubah cara manusia
berinteraksi dan melakukan aktivitas sehari-hari. Adanya perkembangan
teknologi, interaksi sosial dapat dilakukan tanpa batasan ruang dan waktu. Salah
satu contoh adalah game online, yang memungkinkan remaja untuk terhubung
dengan orang lain. Game online telah menjadi bagian dari gaya hidup digital yang
memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dan bersosialisasi dengan orang lain
secara online.
Fokus penelitian dalam skripsi ini, yaitu: 1) Bagaimana proses
interaksi sosial remaja muslim pemain Game Online Mobile Legend di WM Cafe
Desa Dukuh Dempok,Wuluhan, Kabupaten Jember?. 2) Apa saja faktor yang
mempengaruhi interaksi sosial remaja muslim pemain Game Online Mobile
Legend di WM Cafe Desa Dukuh Dempok,Wuluhan, Kabupaten Jember?
Tujuan penelitian dalam skripsi ini, yaitu: 1) Untuk mengetahui proses
interaksi sosial remaja muslim pemain Game Online Mobile Legend di WM Cafe
Desa Dukuh Dempok,Wuluhan, Kabupaten Jember. 2) Untuk mengetahui faktor
yang mempengaruhi interaksi sosial remaja muslim pemain Game Online Mobile
Legend di WM Cafe Desa Dukuh Dempok,Wuluhan, Kabupaten Jember.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
kualitatif deskriptif. Subjek penelitian diambil menggunakan purposive sampling.
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa
kondensasi, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verivikasi. Skripsi ini
menggunakan keabsahan data beruba triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian yang dimiliki penelitian ini, diantaranya: 1) Proses
interaksi sosial remaja muslim pemain game online mobile legend di WM Cafe
Desa Dukuhdempok,Wuluhan, Kabupaten Jember yaitu berupa adanya pemikiran
yang berbeda-beda mengenai simbol ataupun istilah-istilah dalam game online
mobile legend yakni subjek penelitian mengartikan simbol-simbol atau istilah
istilah dalam game online mobile legend sesuai dengan pemikirannya sendiri.
Adanya ajakan dan mengikuti teman dengan hal-hal yang sedang naik daun
berupa bermain game online mobile legend. 2) Faktor yang mempengaruhi
interaksi sosial remaja muslim pemain game online mobile legend di WM Cafe
Desa Dukuhdempok Wuluhan Kabupaten Jember yaitu meniru orang lain seperti
berbicara dengan suara keras dan kasar meskipun di tempat umum, dan pulang
larut malam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | ulil albab |
Date Deposited: | 11 Jun 2025 08:10 |
Last Modified: | 11 Jun 2025 08:10 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/42272 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |