Aufar Sania, Naila (2025) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MAJAS KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH AR ROUDHOH PATRANG JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI.
![]() |
Text
BISMILLAH SKRIPSI NAILA watermax ok.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Kata Kunci : Media Komik Digital, Bahasa Indonesia
Teknologi digital dalam Pendidikan semakin penting untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, khususnya dalam menyampaikan materi yang bersifat abstak seperti majas. Media pembelajaran merupakan alat sebagai cara seseorang mengajar atau cara menyampaikan materi dengan cara yang menarik, pengembangan media ini tidak hanya untuk menciptakan pembelajaran yang lebih menarik, tetapi juga untuk membantu siswa memahami materi pembelajaran dengan cara yang lebih interaktif dan menyenangkan.
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana pengembangan media komik digital pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Ar Roudhoh? 2) Bagaimana kelayakan media komik digital pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Ar Roudhoh? 3) Bagaimana Efektifitas media komik digital pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Ar Roudhoh?. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan dan mengetahui bagaimana pengembangan komik digital sebagai media pelajaran Bahasa Indonesia pada kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Ar Roudhoh 2) Untuk mendeskripsikan dan mengetahui kelayakan pengembangan komik digital sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia pada kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Ar Roudhoh. 3) Untuk mendeskripsikan dan mengetahui efektifitas media komik digital sebagai media pelajaran Bahasa Indonesia pada kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Ar Roudhoh
Penelitian ini menggunakan metode pengembangan R&D atau Research and Development. Model yang digunakan pada penelitian ini yakni model ADDIE, analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Pada pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa 1) Produk yang dihasilkan pada penelitian dan pengembangan ini adalah media Komik Digital materi majas, jenis-jenis majas, beserta mengidentifikasi makna penggunaannya dalam kalimat di kelas 5C di Madrasah Ibtidaiyah Ar Roudhoh Patrang Jember. 2) Kelayakan media Komik Digital yang dikembangkan oleh peneliti sangat layak dan valid berdasarkan uji validitas oleh 4 validator dan hasil angket respon peserta didik kelas 5C di Madrasah Ibtidaiyah Ar Roudhoh Patrang Jember. Hasil validasi dari para validator memperoleh rata-rata presentase 93% kategori sangat valid dengan rincian, hasil validasi dari ahli materi 96%, hasil validasi dari ahli media 92%, hasil validasi dari ahli bahasa 92% dan dari ahli pembelajaran 90%. Adapun hasil angket uji respon peserta didik pada skala kecil memperoleh presentase sebesar 86,4% dan 91% pada uji skala besar. 3) Keefektifan di peroleh dari hasil nilai preetest dan postest, pemberian soal preetest dilakukan sebelum menerapkan media dan di peroleh nilai rata-rata 38,92 dan Postest dilakukan sesudah menerapkan media dan di peroleh nilai rata-rata 86,07 sedangkan uji N-Gain 0,766. Berdasarkan Pernyataan tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran komik digital yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1902 Film, Television and Digital Media > 190203 Electronic Media Art |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Naila Aufar Sania |
Date Deposited: | 11 Jun 2025 08:25 |
Last Modified: | 11 Jun 2025 08:25 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/42285 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |