Rohma, Alisa Maftukha (2025) Judul: Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Kemampuan Computational Thinking Pada Materi Statistika Di Kelas VIII MTs Annuriyyah Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
SKRIPSI ALISA MAFTUKHA ROHMA WATERMARK.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Alisa Maftukha Rohma, 2025: Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap kemampuan Computational Thinking pada materi Statistika di kelas VIII MTs Annuriyyah Jember
Kata Kunci: Model Pembelajaran Learning Cycle 7E, Kemampuan Computational Thinking.
Permasalahan yang ada di MTs Annuriyyah Jember ialah rendahnya kemampuan berpikir komputasi dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi pra penelitian di kelas VIII, terlihat bahwa kemampuan berpikir komputasi siswa masih tergolong rendah. Penyebab dari permasalahan tersebut ialah kurangnya inovasi model pembelajaran yang digunakan dalam kegiatam belajar mengajar. Berdasarkan masalah tersebut, hendaknya diperlukan sebuah solusi agar proses pembelajaran di kelas menjadi aktif. Salah satu alternatif yang dapat dilakukan yaitu dengan melakukan inovasi model pembelajaran learning cycle 7E.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana kemampuan computational thinking siswa kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi statistika di kelas VIII MTs Annuriyyah Jember? 2) Bagaimana kemampuan computational thinking siswa kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran learning cycle 7E pada materi statistika di kelas VIII MTs Annuriyyah Jember? 3) Apakah model pembelajaran learning cycle 7E berpengaruh terhadap kemampuan computational thinking siswa pada materi statistika di kelas VIII MTs Annuriyyah Jember?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan desain quasi experimental design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII di MTs Annuriyyah Jember. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling, dengan sampel penelitian yaitu kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji statistik yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Rata-rata kemampuan computational thinking siswa kelas kontrol sebelum menggunakan model pembelajaran konvesional sebesar 39,79, sedangkan rata-rata kemampuan computational thinking sesudah menggunakan model pembelajaran konvesional sebesar 68,63. 2) Rata-rata kemampuan computational thinking siswa kelas eksperimen sebelum menggunakan model pembelajaran learning cycle 7E sebesar 38,10, sedangkan rata-rata kemampuan computational thinking sesudah menggunakan model pembelajaran learning cycle 7E sebesar 78,70. 3) Terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran learning cycle 7E terhadap kemampuan computational thinking , hal ini dapat diketahui hasil uji t (independent sample t-test) dengan diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,002. Sehingga 0,002<0,05, maka H_0 ditolak dan H_a diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0103 Numerical and Computational mathematics > 010399 Numerical and Computational Mathematics not elsewhere classified 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0105 Mathematical Physics > 010503 Mathematical Aspects of Classical Mechanics, Quantum Mechanics and Quantum Information Theory 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Perpustakaan Alisa Maftukha Rohma |
Date Deposited: | 12 Jun 2025 01:09 |
Last Modified: | 12 Jun 2025 01:09 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/42318 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |