Maulidiyah, Arikah Naimatul (2025) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Materi Persamaan Garis Lurus di Kelas VIII SMP Negeri 5 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
REVISI FINAL WATERMARK.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (10MB) |
Abstract
Arikah Naimatul Maulidiyah, 2025 : Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Materi Persamaan Garis Lurus di Kelas VIII SMP Negeri 5 Jember
Kata Kunci : Pembelajaran Berbasis Masalah, Pemecahan Masalah, Persamaan Garis Lurus
Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan salah satu kompetensi penting yang harus dimiliki oleh siswa dalam pembelajaran matematika. Namun, kenyataannya masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal yang menuntut pemikiran kritis dan strategis, terutama pada materi persamaan garis lurus. Hal ini disebabkan oleh pendekatan pembelajaran konvensional yang belum mampu mendorong siswa untuk aktif dan mandiri dalam proses belajar. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran inovatif yang dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa.
Tujuan penelitian ini yaitu : 1). Mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas kontrol tanpa menerapkan model pembelajaran berbasis masalah materi Persamaan Garis Lurus. 2). Mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah materi Persamaan Garis Lurus. 3). Mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis materi Persamaan Garis Lurus.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperimen design. Desain Nonequivalent Control Group dengan pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Jember. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan sampel penelitian yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen sebanyak 32 siswa dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji statistik deskriptif dan inferensial.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII B pada materi persamaan garis lurus sebesar 60%. 2) Terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII A pada materi persamaan garis lurus dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah sebesar 106%. 3) terdapat pengaruh signifikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara siswa yang menerapkan pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010101 Algebra and Number Theory 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010111 Real and Complex Functions (incl. Several Variables) 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Arikah Naimatul Maulidiyah |
Date Deposited: | 12 Jun 2025 04:25 |
Last Modified: | 12 Jun 2025 04:25 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/42352 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |