KESULITAN BELAJAR SISWA BERPRESTASI BIDANG OLAHRAGA DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DENGAN METODE AT-TA’LIM DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN AL MALIKI SUKODONO LUMAJANG

Syarif, Hilyah Malik El (2025) KESULITAN BELAJAR SISWA BERPRESTASI BIDANG OLAHRAGA DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DENGAN METODE AT-TA’LIM DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN AL MALIKI SUKODONO LUMAJANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Hilyah Malik El Syarif_211101010032.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci : kesulitan belajar, siswa berprestasi bidang olahraga, pembelajaran Al-Qur’an, metode At-Ta’lim.

Latar belakang penelitian ini didasarkan pada masih banyaknya siswa di Indonesia yang belum mampu membaca Al-Qur’an dengan baik, meskipun berbagai metode pembelajaran telah diterapkan di sekolah dan madrasah. Permasalahan semakin kompleks ketika ditemui siswa berprestasi di bidang olahraga yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran Al-Qur’an, khususnya dengan metode At-Ta’lim yang diterapkan di SMK Al Maliki Sukodono Lumajang. Metode At-Ta’lim sendiri diciptakan untuk memudahkan proses belajar membaca Al-Qur’an dengan penekanan pada tajwid dan gharib, namun terdapat kendala pada siswa dengan latar belakang pendidikan dan lingkungan yang berbeda, terutama mereka yang berprestasi di bidang olahraga.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kesiapan mengajar guru dalam pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an dengan metode At-Ta’lim pada siswa berprestasi bidang olahraga di SMK Al Maliki Sukodono Lumajang? (2) Apa saja kesulitan belajar yang dialami siswa berprestasi bidang olahraga dalam pembelajaran Al-Qur’an dengan metode At-Ta’lim di sekolah tersebut? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesiapan guru dalam pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an dengan metode At-Ta’lim serta mengidentifikasi kesulitan belajar yang dialami siswa berprestasi bidang olahraga dalam pembelajaran tersebut.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa berprestasi bidang olahraga di SMK Al Maliki Sukodono Lumajang. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dengan pengecekan keabsahan data melalui triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah memiliki kesiapan pedagogik yang baik, ditandai dengan persiapan materi, pemahaman karakteristik siswa, serta fleksibilitas dalam mengelola pembelajaran. Guru juga memiliki kesiapan mental yang baik ditandai dengan adanya ketenangan, kesabaran, empati dan fleksibilitas guru dalam menghadapi dinamika kelas.
Penelitian ini juga menunjukkan hasil adanya kesulitan belajar siswa baik dari faktor internal seperti kurangnya konsentrasi dan kebiasaan belajar yang tidak efektif; maupun faktor eksternal yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa seperti kondisi kelas yang tidak nyaman dan gangguan dari teman sebaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Hilyah Malik El Syarif
Date Deposited: 12 Jun 2025 04:36
Last Modified: 12 Jun 2025 04:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/42392

Actions (login required)

View Item View Item