Pengembangan Buku Elektronik Pada Materi Cerita Fiksi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 4 Jember

Maghfiroh, Kharismatul (2025) Pengembangan Buku Elektronik Pada Materi Cerita Fiksi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 4 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Kharismatul Maghfiroh-212101040039-S.Watermark.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Seiring perkembangan zaman yang terus berkembang peserta didik pada saat ini
sudah mengalami pergeseran, peserta didik jarang menggunakan waktunya untuk sekedar
membaca sehingga menyebabkan banyaknya siswa dikelas atas yang masih mengalami
kesulitan membaca. Berdasarkan hasil wawancara dengan wali kelas IV bahwasanya di
lembaga ini memiliki fasilitas yang memadai seperti proyektor, laptop dan sound namun,
sangat disayangkan keberadaan fasilitas yang memadai ini tidak didukung dengan
penggunaan bahan ajar yang sesuai. Sehingga, dengan adanya fasilitas yang ada maka
dilakukanlah pengembangan buku elektronik untuk meningkatkan efektivitas penggunaan
fasilitas sekolah dalam usaha meningkatkan minat baca maupun hasil belajar peserta
didik.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni 1) Bagaimana proses
pengembangan buku elektronik pada materi cerita fiksi untuk meningkatkan Hasil belajar
peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 4 Jember ? 2) Bagaimana kelayakan
pengembangan buku elektronik pada materi cerita fiksi untuk meningkatkan Hasil belajar
peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 4 Jember ? 3) Bagaimana efektivitas
pengembangan buku elektronik pada materi cerita fiksi untuk meningkatkan hasil belajar
peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 4 Jember ? 4) Bagaimana
kemenarikan pengembangan bahan ajar buku elektronik pada materi cerita fiksi untuk
meningkatkan hasil belajar peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 4 Jember?
Tujuan dari penelitian ini yakni 1) Mendeksripsikan dan mengetahui proses
pengembangan bahan ajar buku cerita elektronik 2) Mendeksripsikan dan mengetahui
kelayakan pengembangan bahan ajar buku cerita elektronik 4 Jember, 3)
Mendeksripsikan dan mengetahui efektivitas bahan ajar buku cerita elektronik 4)
Mendeksripsikan dan mengatahui kemenarikan pengembangan bahan ajar buku
elektronik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 4 Jember.
Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan atau yang biasa dikenal
dengan sebutan Research and Development (R&D). Model pengembangan yang
digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan procedural yang bersifat
deskriptif model ADDIE yang terdiri dari analis, desain, pengembangan, implementasi,
dan evaluasi dengan instrumen pengumpulan data berupa wawancara, observasi,
dokumentasi, angket dan test untuk mengukur efektifitas penggunaan bahan ajar melalui
pre-test dan post-test kepada peserta didik untuk mengetahui keefektivan bahan ajar.
Hasil dari penelitian ini disesuaikan dengan rumusan masalah sebagai berikut : 1)
Proses pengembangan bahan ajar menghasilkan buku elektronik berbasis cerita fiksi. 2)
Bahan ajar buku elektronik berbasis cerita fiksi layak untuk digunakan dalam proses
belajar dan mengajar dikarenakan telah teruji dan divalidasi oleh tiga pakar ahli yakni ahli
media, materi dan pembelajaran dengan rata-rata sebesar 96%. 3) Buku elektronik
berbasis cerita fiksi dapat meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar dilihat dari
hasil pre-test sebesar 48,15% dan post-test 96,84% dengan peningkatan terhadap uji coba
sebesar 48,64% sehingga masuk dalam kategorikan sangat efektif. 4) Hasil rata-rata
respon peserta didik yang ditunjukkan dalam tabel tersebut, menunjukkan bahwa buku
elektronik mendapatkan respon yang sangat menarik dari peserta didik dengan prosentase
rata – rata 85,5%.
Kata Kunci : Bahan Ajar, Buku Elektronik, Cerita Fiksi, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Kharismatul Maghfiroh
Date Deposited: 12 Jun 2025 06:27
Last Modified: 12 Jun 2025 06:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/42398

Actions (login required)

View Item View Item