Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Berbasis Quizwhizzer Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII SMP Negeri 1 Ajung

Jabar, M. Zidni Abdul (2025) Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Berbasis Quizwhizzer Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII SMP Negeri 1 Ajung. Masters thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
M. ZIDNI ABDUL JABAR_233206030025.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilakukan berdasarkan analisis kebutuhan tentang evaluasi pembelajaran di kelas VII SMPN 1 Ajung diperoleh kesimpulan terdapat penurunan motivasi belajar peserta didik ditunjukkan dalam proses evaluasi pembelajarannya peserta didik kurang tertarik dan merasa jenuh dengan evaluasi yang dilakukan oleh guru mata pelajaran PAI dan BP dikarenakan evaluasi yang dilakukan masih secara konvensional.
Bersarkan kajian tersebut tujuan penelitian dan pengembangan ini untuk 1) mengembangkan produk evaluasi pembelajaran menggunakan quizwhizzer, 2) menguji tingkat validitas media quizwhizzer, 3) menguji kepraktisan media quizwhizzer, 4) menguji efektivitas media quizwhizzer terhadap motivasi belajar peserta didik.
Penelitian pengembangan ini menggunakan model dari Borg and Gall. Instrumen penelitian terdiri dari instrumen angket validasi ahli materi dan bahasa, ahli media, angket respon guru dan peserta didik. Analisis validasi berdasarkan penilaian ahli validasi, analisis kepraktisan dari respon guru dan peserta didik, sedangkan analisis efektivitas menggunakan analisis quasi-exsperiment jenis one group pretest posttest dengan perhitungan N-Gain dan uji T.
Hasil penelitian pengembangan terkait validasi memperoleh presentase 83,33% dari ahli materi dan Bahasa dengan kategori “valid”, 81% dari ahli media dengan kategori “valid”, 84% dari respon guru dengan kategori “sangat valid”. Untuk kepraktisan produk memperoleh hasil 82,22% dari respon guru dengan kriteria “sangat praktis”, 77,77% dari peserta didik kelas VII dengan kriteria “praktis”. Sedangkan hasil efektivitas produk terhadap motivasi belajar peserta didik diperoleh melalui pretest dan posttest, terdapat peningkatan sebesar 31,80% dari 60,49% (sebelum evaluasi pembelajaran menggunakan quizwhizzer) dengan kategori tinggi dan meningkat menjadi 92,29% (sesudah evaluasi pembelajaran menggunakan quizwhizzer) dengan kategori “sangat tinggi”. Berdasarkan uji N-Gain dengan menggunakan perhitungan Ms. Exel memperoleh rata-rata 0,804772 dimana 0,804772 > 0,7. Memperkuat hasil uji N-Gain dilakukan juga uji t, diperoleh t hitung -37,124 atau dimaknai positif yakni 37,124 dan t tabel sebesar 1.721. Sehingga dapat diputuskan bahwa t hitung>t tabel yakni 37,124>1.721 dengan hasil signifikan 0,01 yang mana 0,01<0,05 maka dapat diartikan media quizwhizzer digunakan sebagai alat evaluasi pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan motivasi belajar dikatakan “efektif”.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zidni Jabar
Date Deposited: 12 Jun 2025 07:12
Last Modified: 12 Jun 2025 07:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/42401

Actions (login required)

View Item View Item