Fatoni, Muhammad Iqbal (2025) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPS DENGAN MEDIA WORDWALL DI KELAS VIIIB SMP AR-RAUDLAH JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Muhammad Iqbal Fatoni_T20189069.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
Salah satu kebutuhan manusia dan pendorong utama kemajuan bangsa adalah pendidikan. Pendidikan adalah proses penanaman pengetahuan, nilai-nilai, dan pengembangan kepribadian; pendidikan lebih dari sekadar pengajaran sederhana. Diharapkan melalui pendidikan yang efektif akan dihasilkan sumber daya manusia yang bermutu. Dalam pembelajaran motivasi siswa juga menjadi faktor pendukung keberhasilan siswa. Untuk meningkatkan motivasi belajar siswa hendaknya seorang guru menentukan media apa yang akan digunakan dalam pembelajaran. Dalam proses pembelajaran sangat dibutuhkan sebuah media yang mendukung dan membantu pelaksanaan pembelajaran dikelas.
Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII B mata pelajaran IPS dengan media wordwall di SMP Ar-Raudlah? 2) Bagaimana dampak penggunaan media wordwall terhadap motivasi siswa kelas VIII B mata pelajaran siswa IPS di SMP Ar-Raudlah?
Penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian analisis data dengan cara mengumpulka data, Kondensasi data, penyajian data,serta menarik kesimpulan dan verifikasi.
Penelitian ini sampai pada kesimpulan bahwa peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan media wordwall adalah sebagai fasilitator Guru harus mampu merencanakan pelajaran agar lebih efisien dan berhasil dalam perannya sebagai fasilitator, inovator guru memiliki beberapa tugas yaitu mengembangkan media pembelajaran digital, menerapkan pendekatan yang fleksibel dan kreatif, serta mencari solusi dari hambatan yang terjadi dalam pembelajaran dan motivator guru harus mampu memberikan motivasi positif kepada siswanya agar terus berkembang dan menjaga motivasi belajarnya agar tidak luntur. Dampak penggunaan media wordwall terhadap motivasi belajar siswa yaitu meningkatkan anstusias siswa dalam pembelajaran hal ini bisa dilihat dari siswa ikut berpartisipasi dengan cara mengankat tangan untuk menjawab pertanyaan pertanyaan yang tersedia di media wordwall, meningkatkan rasa percaya diri dan meningkatkan daya ingat dan fokus dapat dibuktikan ketika siswa hendak maju ketika ditunjuk oleh guru, siswa merasa tidak sedang disuruh untuk mengerjakan soal akan tetapi siswa merasa bermain karena tampilan media pembelajaran yang menarik bagi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1603 Demography > 160301 Family and Household Studies 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1604 Human Geography > 160403 Social and Cultural Geography 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160703 Social Program Evaluation |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mr M Iqbal Fatoni |
Date Deposited: | 16 Jun 2025 01:46 |
Last Modified: | 16 Jun 2025 01:46 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/42461 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |