Ulum, Muhammad Saiful (2025) IMPLEMENTASI APLIKASI SMANA TATIB UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI AMBULU JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Muhammad Saiful Ulum-211101030062-1.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) |
Abstract
Muhammad Saiful Ulum, 2021: Implementasi Aplikasi SMANA TATIB Untuk
Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri Ambulu Jember.
Kata Kunci: Aplikasi SMANA TATIB, Kedisiplinan siswa, SMAN Ambulu
Implementasi aplikasi SMANA TATIB adalah seperangkat sistem digital
yang digunakan untuk mencatat, memantau, dan mengelola pelanggaran tata tertib
yang dilakukan oleh siswa. Aplikasi ini dirancang untuk membantu meningkatkan
kedisiplinan di kalangan siswa melalui teknologi digital. Selain itu, aplikasi ini juga
mempermudah pengelolaan data terkait pelanggaran siswa, membantu guru dan
pihak sekolah dalam mengawasi kepatuhan siswa terhadap peraturan yang berlaku,
dan memberikan sanksi atau tindak lanjutan yang tepat. Selain itu sebelum
berjalannya aplikasi SMANA TATIB masih banyak siswa terlambat ketika
berangkat sekolah, sering bolos sekolah, membuat kegaduhan di kelas, dan sering
tidak mengikuti jam pelajaran dikelas.
Fokus pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana proses penerapan aplikasi
SMANA TATIB untuk meningkatkan kedisiplinan siswa Sekolah Menengah Atas
Negeri Ambulu Jember? 2) Bagaimana dampak penerapan aplikasi SMANA
TATIB untuk meningkatkan kedisiplinan siswa Sekolah Menengah Atas Negeri
Ambulu Jember?
Tujuan yang ada dalam penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui proses
penerapan aplikasi SMANA TATIB untuk meningkatkan kedisiplinan siswa
Sekolah Menengah Atas Negeri Ambulu Jember, 2) Untuk mengetahui dampak
sebelum dan sesudah penerapan aplikasi SMANA TATIB untuk meningkatkan
kedisiplinan siswa Sekolah Menengah Atas Negeri Ambulu Jember.
Metode yang digunakan dalam penelitian ialah: penelitian kualitatif dengan
menggunakan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi
terus terang atau tersamar, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi.
Menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi
data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pada penelitian ini menggunakan
triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian dapat dilihat bahwa: 1) pada proses penerapan awal
aplikasi SMANA TATIB ini lembaga lembaga melakukan rapat analisis kebutuhan,
tak lupa lembaga juga melakukan uji coba aplikasi, Setelah itu, melakukan
sosialisasi penerapan aplikasi SMANA TATIB kepada orang tua dan siswa,
Setelah aplikasi SMANA TATIB di upload dalam google play store pihak sekolah
menerapkan langsung aplikasi ini. 2) Adapun dampak setelah aplikasi berjalan
yaitu: komunikasi antara guru BK, kesiswaan, wali murid, dan juga kepala sekolah
terjalin semakin erat, sebagai sarana edukasi bagi siswa agar semakin patuh
terhadap peraturan sekolah, data pelanggaran siswa akan tersimpan secara rapi
dalam aplikasi SMANA TATIB, perbaikan akhlak siswa dengan menghormati guru
juga penerapan sholat dzuhur berjama’ah, dan lebih disiplin untuk tidak terlambat
berangkat kesekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr saiful ulum |
Date Deposited: | 16 Jun 2025 07:09 |
Last Modified: | 16 Jun 2025 07:09 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/42557 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |