Ulum, M. Bahrul (2025) PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS X DI SMK BUSTANUL FALAH BANYUWANGI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
SKRIPSI- M BAHRUL ULUM.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
Mohamad Bahrul Ulum, 2025 : “Penggunaan Media Interaktif Wordwall Pada Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas X Di Smk Bustanul Falah Banyuwangi”
Kata lunci : Wordwall, Media Interaktif, Keaktifan Belajar, Pendidikan Agama Islam.
Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya tingkat partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran yang cenderung bersifat monoton dan kurang melibatkan siswa secara langsung. Wordwall sebagai media interaktif berbasis digital diharapkan mampu menjadi alternatif pembelajaran yang lebih menarik, partisipatif, dan menyenangkan, terutama dalam mata pelajaran yang selama ini dianggap berat dan teoritis, yaitu pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Penelitian ini berangkat dari pentingnya inovasi media pembelajaran
Fokus penelitian ini 1) Bagaimana Penggunaan Media Interaktif Wordwall Pada Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas X Di Smk Bustanul Falah Banyuwangi?. 2) Bagaimana Tantangan Penggunaan Media Interaktif Wordwall Pada Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas X Di Smk Bustanul Falah Banyuwangi?. Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mendeskripsikan Penggunaan Media Interaktif Wordwall Pada Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas X Di Smk Bustanul Falah Banyuwangi?. 2) Untuk Mendeskripsikan Tantangan Penggunaan Media Interaktif Wordwall Pada Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas X Di Smk Bustanul Falah Banyuwangi?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dengan guru dan siswa, serta dokumentasi aktivitas pembelajaran. Data yang diperoleh dianalisis secara induktif melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan 1) Penggunaan media interaktif Wordwall dalam proses pembelajaran mencakup beberapa tahap, mulai dari pembukaan hingga penutup. Pada tahap pembukaan, guru melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran sebelumnya. Selanjutnya, pada tahap inti, guru menjelaskan langkah-langkah penggunaan Wordwall dari pembuatan akun hingga implementasi dalam pembelajaran. Di tahap penutup, guru memberikan penguatan materi dan apresiasi kepada siswa yang aktif. Penggunaan Wordwall terbukti meningkatkan antusiasme, keterlibatan, dan respon aktif siswa, serta menciptakan suasana kelas yang hidup dan kondusif berkat interaktivitas dan elemen permainan edukatif yang ditawarkannya. 2) Terkait tantangan dalam penggunaan media pembelajaran interaktif Wordwall terhadap keaktifan belajar siswa. Media Wordwall implementasinya tidak lepas dari berbagai kendala atau tantangan, baik dari sisi teknis maupun pedagogis. Seperti, keterbatasan perangkat dan sulitnya merancang konten pembelajaran menggunakan Wordwall. Selain itu juga media Wordwall juga memiliki kelebihan serta kekurangannya tersendiri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1902 Film, Television and Digital Media > 190205 Interactive Media |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mohamad Bahrul Ulum |
Date Deposited: | 16 Jun 2025 07:06 |
Last Modified: | 16 Jun 2025 07:06 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/42576 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |