PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GOOGLE CLASSROOM TERINTEGRASI GEOGEBRA PADA MATERI FUNGSI KUADRAT UNTUK SISWA KELAS X DI SMA NEGERI RAMBIPUJI JEMBER

Aprilliani, Sindy (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GOOGLE CLASSROOM TERINTEGRASI GEOGEBRA PADA MATERI FUNGSI KUADRAT UNTUK SISWA KELAS X DI SMA NEGERI RAMBIPUJI JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Sindy Aprilliani_211101070028.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Revolusi Industri 4.0 membawa dampak besar terhadap dunia pendidikan,
termasuk dalam pemanfaatan teknologi informasi sebagai penunjang proses belajarmengajar. Salah satu tantangan dalam pendidikan adalah bagaimana membantu peserta
didik memahami materi yang bersifat abstrak, seperti fungsi kuadrat dalam matematika.
Berdasarkan hasil observasi di SMA Negeri Rambipuji, diketahui bahwa peserta didik
mengalami kesulitan dalam memahami konsep fungsi kuadrat karena metode
pembelajaran yang kurang interaktif dan dominan menggunakan ceramah. Hal ini
mendorong perlunya inovasi media pembelajaran berbasis teknologi yang dapat
memvisualisasikan konsep abstrak secara lebih konkret dan interaktif sebagai solusi atas
permasalahan tersebut.
Penelitian ini memiliki rumusan masalah yang meliputi : 1) Bagaimana kevalidan
pengembangan media pembelajaran berbasis google classroom integrasi geogebra pada
materi fungsi kuadrat kelas X di SMA Negeri Rambipuji Jember? 2) Bagaimana
kepraktisan terhadap pengembangan media pembelajaran berbasis google classroom
integrasi geogebra pada materi fungsi kuadrat kelas X di SMA Negeri Rambipuji Jember?
3) Bagaimana keefektifan pengembangan media pembelajaran pengembangan media
pembelajaran Berbasis google classroom integrasi geogebra pada materi fungsi kuadrat
kelas X di SMA Negeri Rambipuji Jember?
Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D)
dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap sistematis yaitu
Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Pada tahap Analysis,
peneliti mengidentifikasi permasalahan pembelajaran matematika di sekolah serta
menganalisis kebutuhan siswa terhadap media pembelajaran interaktif. Tahap Design
difokuskan pada perancangan media berbasis teknologi yang sesuai dengan tujuan
pembelajaran. Selanjutnya, media di kembangkan pada tahap Development dengan
menyusun modul pembelajaran, merancang applet GeoGebra, dan mengintegrasikannya
dalam Google Classroom. Tahap Implementation di lakukan melalui uji coba skala kecil
pada 6 siswa dan uji coba skala besar pada 24 siswa untuk menilai kepraktisan dan
keefektifan media. Evaluasi akhir dilakukan untuk menilai validitas, kepraktisan, dan
keefektifan media berdasarkan hasil angket dan tes hasil belajar. Penelitian ini
menggunakan instrumen pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket,
dokumentasi dan tes dengan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif deskriptif.
Penelitian menunjukkan: 1) produk yang dikembangkan adalah media
pembelajaran berbasis Google Classroom Terintegrasi GeoGebra pada Materi Fungsi
Kuadrat Untuk Kelas X di SMA Negeri Rambipuji Jember, 2) hasil validasi ahli media
yaitu memperoleh presentase 94,66% dengan kriteria “sangat valid,” 3) untuk hasil
validasi ahli materi yaitu memperoleh presentase 95,55% dengan kriteria “sangat valid,”
4) sedangkan hasil validasi ahli pembelajaran yaitu memperoleh presentase sebesar
85,33% yang berarti “sangat valid.” 5) hasil angket respon siswa pada uji coba skala
kecil dengan persentase sebesar 87,66% dan uji coba skala besar dengan persentase
91,41% yang menunjukkan kriteria “sangat praktis.” 6) sementara itu, hasil tes belajar
menunjukkan tingkat keefektifan sebesar 83,33% yang berarti “sangat efektif” dalam
meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi fungsi kuadrat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Sindy Aprilliani
Date Deposited: 16 Jun 2025 07:14
Last Modified: 16 Jun 2025 07:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/42580

Actions (login required)

View Item View Item