Aini, Nur (2025) PENGEMBANGAN MOTORIK KASAR PADA KELOMPOK A MELALUI MEDIA BOLA DI RA AL BAROKAH AN NUR KECAMATAN AJUNG KABUPATEN JEMBER TAHUN AJARAN 2024 / 2025. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Nur Aini 212101050009.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Kata kunci:Motorik Kasar,Media Bola
Motorik kasar merupakan sebuah keterampilan yang menggunakan otot-otot besar dalam masa perkembangan anak. Dalam mengembangkan motorik kasar anak di kelompok A, RA Al Barokah An Nur menggunakan media bola. Melalui media bola ini anak-anak dapat memainkan beraneka macam permainan yang dapat mengembangkan motorik kasar mereka.
Dalam penelitian ini, permasalahan perkembangan motorik kasar masih belum optimal,di lembaga lebih mengutamakan perkembangan bahasa dan motorik halus,media yang digunakan hanya media jungkat-jungkit dan metode yang digunakan hanya senam saja, pemecahan masalah dengan menggunakan penelitian tindakan kelas atau mempraktikkan pembelajaran dalam mengembangkan motorik kasar pada anak dengan melalui media bola. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan motorik kasar anak pada kelompok A di RA Al Barokah An Nur Kecamatan Ajung Kabupaten Jember melalui media bola.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif, yang dilaksanakan sebanyak II siklus dengan 6 kali pertemuan yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan atau refleksi. Subyek pada penelitian ini adalah peserta didik kelompok A 2 di RA Al Barokah An Nur Kecamatan Ajung Kabupaten Jember. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber, waktu, dan teknik.
Hasil penelitian menggunakan media bola dalam mengembangkan motorik kasar pada anak, berupa alat atau media, serta didapatkan semangat dalam mengembangkan motorik kasar yang meningkat dibuktikan dengan evaluasi pembelajaran: dari 2 anak dengan presentase 13,33% menjadi 9 anak dengan presentase 60%, dengan kategori (BSB), kategori (BSH) terdiri 3 anak dengan presentase 20%, 6 anak presentase 40% menjadi 2 anak dengan kategori (MB) dengan presentase 13,33% dan kategori (BB) dari 4 anak dengan kategori 26,66% menjadi 1 anak dengan presentase 6,66%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ms Nur Aini |
Date Deposited: | 16 Jun 2025 07:47 |
Last Modified: | 16 Jun 2025 07:47 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/42584 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |