PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NURUL ISLAM JEMBER TAHUN AJARAN 2024/2025

fatuz, Ulifa (2025) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NURUL ISLAM JEMBER TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI ULIF REVISI SIDANG FIXX 8 JUNI 2025.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

Ulifatuz zahro, 2025 : Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama Nurul Islam Jember.

Kata Kunci : Peran Guru PAI, Kecerdasan Emosional, Spiritual.
Seorang guru memiliki peran yang sangat besar terhadap keberhasilan peserta didik dalam suatu proses pembelajaran, tidak hanya itu guru juga memiliki peran yang sangat fundamental dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual peserta didiknya, agar setiap peserta didik memiliki kemampuan intelektual, emosional, spiritual dan bertindak dengan baik pada kehidupan sehari-hari. Peran guru Pendidikan Agama slam sebagai pendidik dan motivator yaitu dengan memaksimalkan beberapa program kegiatan agar nantinya dapat membantu proses pengembangan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual peserta didik.
Fokus penelitian dalam eskripsi ini adalah : (1) Bagaimana Peran Guru Pendidikan Agama Islam sebagai pendidik Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual peserta didik di SMP Nurul Islam Jember tahun ajaran 2024/2025 ? (2) Bagaimana Peran Guru Pendidikan Agama Islam sebagai motivator Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual peserta didik di SMP Nurul Islam Jember tahun ajaran 2024/2025?
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan peran guru pendidikan agama Islam sebagai pendidik dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual peserta didik di SMP Nurul Islam Jember tahun ajaran 2024/2025. (2) mendeskripsikan peran guru pendidikan agama Islam sebagai motivator dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual peserta didik di SMP Nurul Islam Jember tahun ajaran 2024/2025.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitian studi kasus. Serta teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, analisis data berupa kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: (1) peran guru Pendidikan agama Islam sebagai pendidik dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual. Pada kecerdasan emosionalnya yakni dengan menggunakan metode diskusi dan merangkuman tentang ikhlas,sabar dan pemaaf, sedangkan dalam kecerdasan spiritualnya dengan membiasakan membaca Al-qur’an,Berdo’a, dan membiasakan sholat dhuha dan dzuhur berjamaah serta anjuran sholat tahajjud. (2)peran guru Pendidikan agama Islam sebagai motivator dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan spiritual nya terbukti guru senantiasa memberikan dorongan kepada siswanya untuk senantiasa rajin belajar, memberikan arahan yang positif,memberikan semangat belajar, juga memberikan apresiasi berupa nilai pada siswa agar siswa lebih bersemangat lagi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220499 Religion and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ulifa fatuz
Date Deposited: 17 Jun 2025 03:10
Last Modified: 17 Jun 2025 03:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/42671

Actions (login required)

View Item View Item