Idatul Hasanah, Ulfa (2025) Peran Guru Fiqih Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX Di Madrasah Tsanawiyah Darun Najah Ajung Jember Tahun Ajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN KHAS ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
![]() |
Text
ulfa idatul final-2.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
Ulfa Idatul Hasanah, 2025: Peran Guru Fiqih dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX Di Madrasah Tsanawiyah Darun Najah Ajung Jember Tahun Ajaran 2024/2025.
Kata Kunci: Peran Guru, Fiqih, Hasil Belajar Siswa
Fiqih menjadi salah satu fokus kajian dari pendidikan agama islam dalam menjawab problematika seorang muslim dalam kehidupan sehari-hari. Pada saat kegiatan belajar mengajar seorang guru fiqih memberikan materi dengan media dan metode yang bervariasi guna tercapainya hasil belajar yang maksimal. Peneliti melakukan pengamatan langsung pada Madrasah Tsanawiyah Darun Najah dimana peneliti melihat berbagai kegiatan belajar yang bervariasi seperti pembelajaran di luar kelas ataupun di dalam kelas dengan media dan strategi yang menarik perhatian siswa Madrasah Tsanawiyah Darun Najah. Di sekolah tersebut terdapat program unggulan yang disebut pembelajaran berbasis pesantren, di mana kegiatan tersebut melibatkan pengasuh (Ibu Nyai), guru fiqih, serta seluruh siswa dalam lingkungan sekolah.
Fokus penelitian dalam skripsi ini antara lain: 1) Bagaimana peran guru fiqih dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas IX di Madrasah Tsanawiyah Darun Najah Rowo Indah Ajung Jember? 2) Bagaimana peran guru fiqih dalam meningkatkan hasil belajar afektif siswa kelas IX di Madrasah Tsanawiyah Darun Najah Rowo Indah Ajung Jember? 3) Bagaimana peran guru fiqih dalam meningkatkan hasil belajar psikomotorik siswa kelas IX di Madrasah Tsanawiyah Darun Najah Rowo Indah Ajung Jember?
Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan peran guru fiqih dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas IX di Madrasah Tsanawiyah Darun Najah Rowo Indah Ajung Jember. 2) Untuk mendeskripsikan peran guru fiqih dalam meningkatkan hasil belajar afektif siswa kelas IX di Madrasah Tsanawiyah Darun Najah Rowo Indah Ajung Jember. 3) Untuk mendeskripsikan peran guru fiqih dalam meningkatkan hasil belajar psikomotorik siswa kelas IX di Madrasah Tsanawiyah Darun Najah Ajung Jember.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian descriptive research. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan simpulan antara lain; 1) Guru telah berhasil meningkatkan hasil belajar kognitif pada siswa yang nampak pada nilai tugas harian, UTS dan UAS siswa yang meningkat dalam perhitungan nilai rata- rata siswanya khususnya dalam pembelajaran fiqih. 2) Guru telah berhasil meningkatkan hasil belajar afektif siswa terlihat pada sikap dan keagamaan siswa yang mana dengan dinilai melalui observasi sesuai yang diamati oleh guru pada setiap individu siswa. 3) Guru telah berhasil meningkatkan hasil belajar psikomotorik pada siswa yang terlihat pada hasil nilai praktik yang telah dilakukan oleh guru di kelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ulfa idatul Hasanah |
Date Deposited: | 17 Jun 2025 02:46 |
Last Modified: | 17 Jun 2025 02:46 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/42712 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |