Agustin, Fatma Dwi (2025) Penerapan Media Aplikasi Hitung Waris Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Dalam Konsep Mawaris Kelas XII di Sekolah Menengah Atas Negeri Balung. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Skripsi Fatma Dwi wtrmk2.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Konsep mawaris dianggap sulit bagi peserta didik karena terdapat rumus perhitungan warisan. Akan tetapi, peserta didik harus menempuh secara maksimal pembelajaran PAI dan BP pada bab 4 yang terdapat konsep mawaris yang harus dipahami. Oleh karena itu, guru PAI dan BP membuat inovasi pembelajaran menggunakan aplikasi dengan memanfaatkan smartphone android. Aplikasi hitung waris yang menjadi media atau alat bantu bagi peserta didik yang mengalami kesulitan perhitungan warisan. Dengan aplikasi hitung waris ini, diharapkan peserta didik mampu menempuh konsep mawaris dengan hasil yang memuaskan sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Adapun fokus penelitian ini: 1.) Bagaimana perencanaan penerapan media aplikasi hitung waris pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam konsep mawaris kelas XII di Sekolah Menengah Atas Negeri Balung? 2.) Bagaimana penerapan media aplikasi hitung waris pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam konsep mawaris kelas XII di Sekolah Menengah Atas Negeri Balung? 3.) Bagaimana evaluasi penerapan media aplikasi hitung waris pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam konsep mawaris kelas XII di Sekolah Menengah Atas Negeri Balung?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian dilakukan di Sekolah Menengah Atas Negeri Balung dengan subjek penelitian meliputi 3 peserta didik kelas XII, guru PAI dan BP kelas XII, waka kurikulum dan kepala sekolah SMAN Balung. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini meliputi kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang diuji mengguanakan triangulasi (triangulasi sumber dan triangulasi teknik) dan member check.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media aplikasi hitung waris penerapannya mencakup perencanaan, penerapan dan evaluasi. Penerapan media aplikasi hitung waris dilakukan dengan siswa menjawab latihan soal bersama-sama menggunakan media aplikasi hitung waris, dan dilanjut pengerjaan soal individu. Jawaban perhitungan warisan tersebut ditulis dengan rumus konsep mawaris dengan memasukkan angka-angka karena hasil sudah dihitung oleh aplikasi hitung waris. Aplikasi hitung waris menampilkan perhitungan konsep mawaris secara maksimal beserta penjelasan sehingga peserta didik tidak mengalami kesulitan dalam menghitungnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 10 TECHNOLOGY > 1099 Other Technology > 109999 Technology not elsewhere classified 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fatma Dwi Agustin |
Date Deposited: | 17 Jun 2025 02:56 |
Last Modified: | 17 Jun 2025 02:56 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/42722 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |