PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (PADA PERUSAHAAN MANUFAKTURSEKTOR KONSUMSI FOOD AND BEVERAGE DI BEI TAHUN 2021-2023)

Magfiro, Sofiatul and Pratiwi, ana (2015) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (PADA PERUSAHAAN MANUFAKTURSEKTOR KONSUMSI FOOD AND BEVERAGE DI BEI TAHUN 2021-2023). Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Sofia Watermark.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh ukuran perusahaan dan Coporate Social
Responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai
variabel moderasi. dalam era globisasi sekarang ini suatu ukuran, skala, atau
variabel yang menggambarkan besar kecilnya perusahaan serta meningkatnya
kesadaran lingkungan , perusahaan dituntut untuk mengadopsi praktik bisnis
berkelanjutan. Ukuran perusahaan dan CSR menjadi strategi yang tidak hanya
berdampak pada keberlanjutan perusahaan, tetapi juga memengaruhi profitabilitas
perusahaan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaiamana pengaruh
Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada perusahaan manufaktur
sektor Food and Beverage di BEI? 2)Bagaimana pengaruh Corporate Social
Reponsibility terhadap Nilai Perusahaan pada perusahaan manufaktur sektor Food
and Beverage di BEI? 3) Bagaimana pengaruh Profitabilitas terhadap Nilai
Perusahaan pada perusahaan manufaktur sektor Food and Beverage di BEI?
4)Bagaimana Profitabilitas memoderasi hubungan Corporate Social Responsbility
dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada perusahaan manufaktur
sektor Food and Beverage di BEI?
Penelitian bertujuan untuk menganalisis apakah ukuran perusahaan dan
Corporate Social Responsibility (CSR) berpengaruh terhadap nilai perusahaan
serta menguji peran profitabilitas dalam memoderasi hubungan tersebut.
Metode penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
metode data sekunder yaitu data yang diperoleh tidak lansung atau melalu
pertantara seperti internet, laporan, buku, dan sumber lainnya. Populasi dalam
penelitian ini terdapat pada perusahaan manufaktur sektor konsumsi Food And
Beverage yang terdaftar di BEI dengan jumlah 96 perusahaan. Sampel yang
digunakan pada penelitian ini sebanyak 32 perusahaan Food And Beverge.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa ukuran perusahaan dan
Corporate Social Responsibility (CSR) tidak berpengaurh terhadap nilai
perusahaan. Selain itu, profitabilitas memoderasi ukuran perusahaan dan
Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan.

Kata Kunci : Ukuran Perusahaan, Corporate Social Responsibility (CSR), Nilai
Perusahaan, Proftabilitas, perusahaan Manufaktur Sektor Konsumsi Food
And Beverage Di BEI.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Sofiatul Magfiroh
Date Deposited: 17 Jun 2025 04:47
Last Modified: 17 Jun 2025 04:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/42786

Actions (login required)

View Item View Item