Upaya Kepala Sekolah Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Religius Pada Siswi Melalui Pembiasaan Kajian Muslimah Di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Jember

Oktaviatul Aliah, Devi (2025) Upaya Kepala Sekolah Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Religius Pada Siswi Melalui Pembiasaan Kajian Muslimah Di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
DEVI OKTAVIATUL ALIAH watermak.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya siswa perempuan yang melalaikan syariat Islam, yaitu seperti banyak siswi di SMAN 5 Jember cara berpakaian yang belum sesuai dengan syariat Islam, kurangnya pemahaman tentang kewanitaan, serta pergaulan yang kurang terjaga antara lawan jenis. Oleh karena itu untuk menyelesaikan masalah tersebut perlunya nilai-nilai religius yang ditanamkan untuk siswi. hal ini upaya kepala sekolah dalam menanamkan nilai-nilai religius pada siswi yakni melalui pembiasaan kajian muslimah yang dilakukan secara rutin setiap hari Jumat. selain kajian ini diadakan untuk menyelesaikan masalah tersebut, agar kegiatan siswi pada hari jumat lebih bermanfaat.
Fokus dari penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana pelaksanaan pembiasaan kajian muslimah sebagai upaya kepala sekolah dalam menanamkan nilai-nilai religius di SMAN 5 Jember?, (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam menanamkan nilai-nilai religius pada siswi melalui pembiasaan kajian muslimah di SMAN 5 Jember?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. lokasi penelitian di SMAN 5 Jember. teknik pengumpulan data adalah observasi partisipan, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana meliputi kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian: (1) pelaksanaan pembiasaan kajian muslimah ini sebagai upaya kepala sekolah dalam menanamkan nilai-nilai religius pada siswi di SMAN 5 Jember dilakukan setiap hari Jumat. Kegiatan ini terdiri atas tiga tahap, yaitu tahap perencanaan oleh guru PAI dengan menyusun jadwal dan menentukan pemateri, kemudian tahap pelaksanaan yang diawali dengan pembukaan membaca doa, setelah itu tahap inti penyampaian materi oleh pemateri dari Fatayat NU dan Aisyiyah Muhammadiyah. tahap penutup yaitu tanya jawab, shalat dzuhur berjamaah, dan doa bersama. tahap evaluasi, tahap ini melalui tanya jawab di akhir sesi kajian muslimah, serta pengamatan perilaku siswi. Pendekatan yang digunakan bersifat pembelajaran berorientasi pada guru dengan metode ceramah, diskusi, tanya jawab, praktik, dan pemberian hadiah. Media pembelajaran yang digunakan meliputi PowerPoint dan papan tulis. Nilai-nilai religius yang didapatkan siswi antara lain nilai ibadah, nilai akhlak, dan nilai ikhlas. (2) faktor pendukung dalam pelaksanaan kajian muslimah ini yaitu adanya dukungan dari kepala sekolah, guru, tersedianya sarana dan prasarana yang memadai. Adapun faktor penghambatnya meliputi faktor internal dari diri siswi, faktor eksternal berupa jumlah peserta yang sangat banya, serta waktu pelaksanaan yang terbatas.
kata kunci: nilai-nilai religius, pembiasaan, kajian muslimah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Devi Oktaviatul Aliah
Date Deposited: 17 Jun 2025 07:01
Last Modified: 17 Jun 2025 07:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/42797

Actions (login required)

View Item View Item